PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

KISI-KISI SOAL UK PPG SM3T PRODI PENDIDIKAN TIK



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
1.   Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.


1.1.       Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
1.1.1.      Menentukan masa perkembangan peserta didik sesuai dengan karakteristiknya pada aspek sosial­ emosional.
1.1.2.      Menganalisis karakteristik peserta didik berdasarkan sifat-sifat yang muncul padanya.
1.1.3.      Menganalisis karakteristik peserta didik berdasarkan tahapan perkembangan berpikir anak.
1.2.       Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis potensi peserta didik dalam mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi
1.3.       Mengidentifikasi bekal­-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
Menentukan pendekatan untuk identifikasi bekal-ajar peserta didik dalam mata pelajaran TIK
1.4.       Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
 Analisis kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
2.   Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
2.1.       Memahami berbagai teori belajar dan prinsip­-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
2.1.1        Menentukan kegiatan belajar di kelas yang sesuai dengan materi dan teori belajar yang mendidik terkait pembelajaran TIK
2.1.2        Menganalisis teori belajar yang sesuai dengan konsisi pembelajaran aktual
2.2.       Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
2.2.1        Menganalisis suatu pendekatan atau strategi pembelajaran yang sesuai dalam perencanaan pembelajaran TIK
2.2.2        Menentukan jenis strategi pembelajaran yang sesuai dengan model-model pembelajaran
3.   Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
Mendeskripsikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum pelajaran TIK
4.   Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik.
Menganalisis strategi-stragei dalam upaya perancangan pembelajaran yang mendidik
5.   Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
Menganalisis kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
6.   Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain.
Memilih pendekatan dalam berkomunikasi yang efektif
7.   Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.


7.1.        Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
7.2.        Menentukan aspek­-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.
Menentukan aspek-aspek proses yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran TIK.
7.3.        Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen.
Menganalisis penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai instrumen
8.   Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.

8.1.        Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
Menentukan ketuntasan belajar sesuai dengan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran
8.2.        Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.
8.2.1        Menganalisis kegiatan pembelajaran dalam rangka merancang program remedial 
8.2.2        Menganalisis kegiatan pembelajaran dalam rangka merancang program pengayaan
9.   Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

9.1.        Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Menentukan suatu upaya dalam melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan guru
9.2.        Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis suatu kegiatan dalam memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran


Link:

0 Response to "KISI-KISI SOAL UK PPG SM3T PRODI PENDIDIKAN TIK"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr