PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Tiga ranah dalam pembelajaran


Menurut Bloom dalam Suharsimi (2005: 117) ada tiga ranah yang harus diperhatikan dalam pengelolaan hasil belajar yaitu:

1.   Ranah kognitif
a.       Pengetahuan, mengacu pada tingkat kemampuan ingatan
b.      Pemahaman, mencakup pengetahuan memahami arti dan makna tentang hal yang terjadi
c.       Penerapan, mencakup kemampuan menerapkan materi yang telah dipelajari
d.      Analisis, mencakup kemampuan menguraikan materi ke dalam komponen dan memberi hubungan antara satu bagian dengan bagian lainnya.
e.       Sintesis, mencangkup kemampuan untuk membentuk suatu pola baru.
f.       Evaluasi, mencangkup kemampuan memberikan pendapat tentang beberapa hal berdasarkan kriteria tertentu.

2.   Ranah Afektif
a.       Penerimaan, mencangkup kemampuan memperlihatkan dan member respon terhadap stimulasi yang tepat.
b.      Partisipasi, mencangkup kerelaan, kesediaan dan berpartisipasi dalam suatu kegiatan.
c.       Pembentukan Pola, mencangkup kemauan menghayati nilai dan membentuknya menjadi nilai kehidupan pribadi. 
3.   Ranah Psikomotor (ketrampilan), berhubungan erat dengan kerja otot mencakup ketrampilan bergerak dan bertindak (Skill)

Pada tulisan ini hasil belajar yang akan dinilai adalah pada ranah afektif yang dapat dilihat dari mengamati sikap siswa khususnya sikap siswa dalam bekerjasama dalam kelompok dan tanggung jawab siswa terhadap kelompoknya.


[Note Pandani] 

0 Response to "Tiga ranah dalam pembelajaran"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr