PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN RESOURCE-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
ABSTRAK
Nurul Anriani (2011). Pembelajaran dengan Pendekatan Resource-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP,
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan penalaran dan pemecahan masalah  siswa Sekolah Menengah Pertama dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan pendekatan Resource-Based Learning dan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan konvensional.
Desain penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pretes dan postes. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Resource-Based Learning dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap rataan  gain ternormalisasi antara kedua kelompok sampel dengan menggunakan Uji ANOVA Dua Jalur. Analisis kualitatif dilakukan untuk menelaah aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran, sikap siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan Resource-Based Learning.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Resource-Based Learning dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari pembelajaran dan kategori kemampuan matematika siswa. Analisis data angket memperlihatkan bahwa siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan Resource-Based Learning sebagian besar bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan Resourse-Based Learning.


Kata kunci : Resource-Based Learning, Penalaran.


Sumber:
 

0 Response to "PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN RESOURCE-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr