PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Yesi Afriani: "Pengaruh Penerapan Kontrak Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2008/2009".



 ABSTRAK

Dari kenyataan di sekolah, proses pembelajaran masih banyak terpusat pada guru yang mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi. Permasalahan yang dihadapi oleh guru Biologi di SMAN 1 Payakumbuh ditunjukkan oleh permasalahan rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas.Banyak upaya yang dapat dilakukan guru agar siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran dan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik, antara lain dengan cara menerapkan pendekatan pembelajaran Kontrak Belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized control group posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Payakumbuh yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2008/2009 yang tersebar dalam 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Setelah didapat dua kelas sampel, penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara pengundian sehingga diperoleh kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji t.
Dari analisis data, didapatkan thitung adalah 3,85 dan ttabel adalah 2,04 dengan demikian thitung > ttabel. Ini berarti H1 diterima pada tingkat kepercayaan 97,5% (α = 0,05). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan Kontrak Belajar dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Payakumbuh tahun pelajaran 2008/2009.

0 Response to "Yesi Afriani: "Pengaruh Penerapan Kontrak Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2008/2009"."

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr