PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Seprawati: "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM REGULASI DI SMA KELAS XI".



ABSTRAK

Biologi merupakan bagian dari pendidikan sains yang mempelajari makhluk hidup dan gejala kehidupan. Banyak hal-hal yang bersifat abstrak yang dipelajari dalam biologi, salah satu diantaranya yang terdapat pada materi sistem regulasi. Materi yang bersifat abstrak seringkali sulit untuk dipahami siswa, sehingga perlu digunakan media pembelajaran yang sesuai agar siswa mudah memahami materi tersebut. Salah satu media yang dapat membantu siswa dalam memahami materi sistem regulasi adalah CD interaktif yang dibuat dengan menggunakan Macromedia Flash 8. media CD interaktif ini mampu memvisualisasikan pembelajaran yang bersifat abstrak sehingga menjadi konkrit. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan CD interaktif yang valid dan praktis pada materi sistem regulasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Namun dalam penelitian ini tahap disseminate tidak dilakukan. Tahap design dilakukan perancangan CD interaktif. Tahap develop dilakukan melalui uji validator dan uji praktikalitas pada guru dan siswa di SMAN 1 Gunung Talang kelas XII IPA2. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini adalah hasil analisis kurikulum, analisis siswa, analisis media, pengembangan CD interaktif serta uji validitas dan praktikalitas guru dan siswa terhadap CD interaktif yang dihasilkan. Data ini dianalisis dengan analisis deskriptif.
Pada penelitian ini telah berhasil dibuat CD interaktif dengan menggunakan program macromedia flash 8. Hasil uji validitas yang dilakukan oleh 6 orang validator dalam aspek isi(materi), bentuk media, motivasi dan bahasa, menunjukan CD interaktif valid dengan revisi ringan. Hasil uji praktikalitas pada guru dan siswa dalam aspek manfaat yang didapat, kemudahan dalam penggunaan, kemungkinan peningkatan keaktifan siswa, kesesuaian dengan waktu dan evaluasi menunjukkan CD interaktif ini praktis. Selanjutnya perlu dilakukan penyempurnaan CD interaktif materi sistem regulasi dengan mempertimbangkan saran-saran uji praktikalitas serta melanjutkan pada tahap uji efektifitas.

1 Response to "Seprawati: "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM REGULASI DI SMA KELAS XI"."

  1. Praktikalitas itu apa y bg,,, n kalo bisa referensinya biar kuat :)
    makasih
    UNP '09

    ReplyDelete

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr