loading...

Pengertian Dan Fungsi Sistem Hormon Manusia

loading...
Hormon adalah zat kimia dalam bentuk senyawa organik yang dihasilkan oleh kelenjer endokrin. Hormon mengatur aktivitas seperti metabolisme, reproduksi, pertumbuhan dan perkembangan. Pengaruh hormon dapat terjadi dalam beberapa detik, hari, minggu, bulan, bahkan beberapa tahun. Hormon dihasilkan oleh kelenjer yang disebut kelenjer endokrin. Kelenjer endokrin disebut juga kelenjer buntu karena hormon yang dihasilkan tidak di alirkan melalui suatu saluran, tetapi langsung masuk ke dalam pembuluh darah. Hipofisis merupakan salah satu kelenjer endokrin. Hipofisis sering disebut master of glands karena memengaruhi aktivitas kelenjer lain.

Hormon memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Diproduksi dan disekresikan kedalam darah oleh sel kelenjer endokrin dalam jumlah yang sangat kecil.
  • Diangkut oleh darah menuju ke sel atau jarinagan target.
  • Mengadakan interaksi dengan reseptor khusus yang terdapat di sel target.
  • Memiliki pengaruh mengaktifkan enzim khusus.
  • Memiliki pengaruh tidak hanya terdapat suatu sel target, tetapi dapat juga mempengaruhi beberapa sel target yang berlainan.
Sistem Hormon Manusia
Hormon berfungsi dalam mengatur homeostasis, metabolisme, reproduksi dan tingkah laku. Homeostasis adalah pengaturan secara otomatis dalam tubuh agar kelangsungan hidup dapat di pertahankan. Contohnya pengendalian tekana darah, kadar gula darah dan kerja jantung.
loading...

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Sistem Hormon Manusia"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr