PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Sistem Eksresi Pada Cacing Tanah

Sistem Eksresi Pada Cacing Tanah

Cacing tanah termasuk ke dalam kelompok Annelida (cacing bersegmen). Organ eksresi cacing tanah yaitu berupa ginjal sederhana yang disebut nefridia. Nefridia terdapat di setiap segmen tubuh, kecuali pada tiga segmen pertama dan segmen terakhir. Di dalam nefridia terkandung zat sisa metabolisme maupun nutrien. Zat sisa metabolisme dan nutrien tersebut di saring oleh nefrostom. Nefrostom berbentuk corong yang di lengkapi oleh silia. Nefrostom terdapat dalam rongga tubuh dan berisi penuh dengan cairan.

Nefrostom berfungsi menarik dan mengambil cairan tubuh. Cairan tubuh ditarik dan di ambil oleh nefrostom yang kemudian masuk kedalam nefridia yang berupa pembuluh panjang dan berliku-liku. Pada waktu cairan tubuh mengalir melalui nefridia terjadi penyerapan kembali zat-zat yang masih bermanfaat seperti, glukosa, air dan ion-ion. Kemudian zat-zat tersebut di edarkan ke seluruh kapiler sistem sirkulasi. Sedangkan sisa cairan tubuh seperti air, senyawa nitrogen, dan garam-garam yang tidak di perlukan oleh tubuh akan di keluarkan melalui ujung nefrostom yang berupa lubang eksretori yang disebut nefridiofor.

Sistem Eksresi Pada Cacing Tanah

0 Response to "Sistem Eksresi Pada Cacing Tanah"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr