PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Lowongan 90 Guru, Dikirim ke Malaysia dan Filipina

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali membuka rekrutmen calon pendidik untuk memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia, dan Mindanau, Filipina.

Jumlah calon pendidik yang akan direkrut sebanyak 90 orang, terdiri atas 20 orang pendidik Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 70 orang pendidik non Pegawai Negeri Sipil (Non PNS).

Pemberitahuan tentang rekrutmen tersebut dimuat dalam Surat Edaran Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar (P2TK Dikdas) Kemendikbud Nomor 1428/C.5.1/LL/2015 tentang Rekrutmen Calon Pendidik ke Malaysia dan Mindanau.

Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (P2TK Dikdas) Kemendikbud Sumarna Surapranata mengungkapkan, perekrutan 90 tenaga pendidik tersebut untuk menggantikan para pendidik yang telah selesai masa tugasnya.

"Kita akan merekrut sekitar 90 orang untuk mengajar di Johor, Kinabalu, Sabah, Serawak, dan Mindanau. Mereka mengganti guru-guru kita yang sudah ada di sana, dengan berbagai alasan, seperti kontrak kerjanya sudah dua kali diperpanjang, atau memang sudah pengen pulang ke sini. Kita akan mengganti 90 orang itu," jelas Sumarna dalam keterangan persnya, Kamis (9/4).

Karena keterbatasan wilayah tugas, lanjut Sumarna, pihaknya akan mengutamakan para guru dari lulusan pendidikan profesi guru pasca sarjana mendidik di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (SM3T).

"Di sana, wilayahnya masih perkebunan kelapa sawit, jadi masih sepi dari keramaian, kalau mau ke mana-mana jauh, apalagi mau berbelanja kebutuhan hidup. Untuk itu, kita perlu guru dengan mental dan jiwa mengajar yang lebih, cinta kepada anak-anak. Sehingga SM3T kita prioritaskan," terangnya.

Berdasarkan data Direktorat P2TK Dikdas tentang analisis kebutuhan guru tahun 2015, perekrutan 90 pendidik ini akan mengisi kebutuhan di empat lembaga yang memfasilitasi layanan pendidikan bagi para anak TKI. Pertama, sebanyak 13 pendidik PNS di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), menggantikan guru yang akan selesai masa tugasnya pada April 2016.

Kedua, sebanyak 35 guru non PNS di Community Learning Center-Konsulat Jenderal Republik Indonesia Kota Kinabalu (CLC-KJRI Kota Kinabalu), menggantikan guru yang telah selesai masa tugasnya. Ketiga, sebanyak 35 guru non PNS di lembaga swadaya masyarakat Humana-Konsulat Republik Indonesia Tawau (KRI Tawau menggantikan guru yang selesai masa tugasnya.

Dua Tahun Lagi Semua Sekolah Pakai Kurikulum 2013

Keempat, sebanyak tujuh guru PNS yang telah selesai masa tugas di Mindanau, Filipina, dengan rincian satu guru kelas, dua guru mata pelajaran Matematika, dua guru IPA, dan dua guru IPS.

Berdasarkan kebutuhan, komposisinya mencakup 12 guru untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 15 guru untuk mata pelajaran IPA, 13 guru IPS, 10 guru Bahasa Indonesia, 10 guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), 12 guru Matematika, tujuh guru Agama Islam, enam guru Olah Raga, lima guru Seni Budaya dan Keterampilan.

Khusus guru Olahraga, Agama Islam dan Seni Budaya, Sumarna Pranata mengatakan, ketiga mata pelajaran tersebut akan menjadi program studi kekhususan, sehingga guru yang dikirim harus memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai.

Sumber: JPNN 

0 Response to "Lowongan 90 Guru, Dikirim ke Malaysia dan Filipina"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr