Loading...

Wah Gawat!! Ratusan Alumnus Unikama Resah Tak Bisa Daftar SM-3T Angkatan V

MALANG - Ratusan mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) resah karena tak bisa mendaftar progam Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) tahun ini. Penyebabnya, nama kampus mereka tak terdaftar dalam list pendaftaran progam SM3T.

“Kami tidak bisa mendaftar sejak masa pendaftaran itu dibuka,” kata salah satu alumnus Unikama yang menolak namanya dikorankan.

Mahasiswa berusia 22 tahun itu menjelaskan, informasi itu beredar dari mulut ke mulut di jejaring alumnus. Semula, ia juga tak percaya. Tapi, setelah mencobanya ia terkejut karena informasi itu benar adanya.

“Kami tidak tahu apa penyebabnya, tetapi kasus ini baru terjadi di tahun ini. Tahun-tahun sebelumnya tidak pernah begini,” lanjut alumnus mahasiswa di tahun 2014 ini.

Jurusan Non Aktif

Usut punya usut, kasus ini ternyata akibat direktorat perguruan tinggi (Dikti) menonaktifkan Unikama dalam list perguruan tinggi mereka. Dalam list perguruan tinggi yang ditampilkan dalam situs Dikti, Unikama masuk di urutan ke empat dari 23 Perguruan Tinggi yang Non aktif.

Di situs itu pula disampaikan bahwa disandangnya status tersebut, karena ada dua jurusan yang dinonaktifkan Dikti, yakni Jurusan S1 Fisika dan D3 Bahasa Inggris. Jurusan ini dinonaktifkan karena rasio dosen dan mahasiswa tak sesuai dengan rasio yang telah ditetapkan Dikti.

Di Jurusan S1 Fisika, rasio dosen mahasiswa adalah 1:16. Sementara untuk jurusan D3 Fisika, rasio dosen mahasiswanya adalah 1:5. Seharusnya, rasio di jurusan ini adalah 1:30.

Selain Unikama, kampus yang menyandang status non aktif di laman Dikti adalah STIH Sunan Giri, Sekolah Teknik Budi Utomo, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malang.

Saat dikonfirmasi, Rektor Unikama, Dr Pieter Sahertian mengatakan status non aktif itu sebenarnya sudah disandang sejak November lalu. Saat ini ia tengah mengajukan perbaikan status karena kampus ini tak mengalami persoalan apapun di internal, ataupun eksternal.

Begitu pun dengan rasio dosen kampusnya. Ia mengatakan rasio dosen sudah sesuai dengan ketetapan Dikti.

“Saya juga heran dengan status itu, karena kampus kami tidak mengalami masalah apapun. Kopertis juga sudah mengkonfirmasi kami, dan hasilnya tidak ada masalah di sini,” tutur dia.

Walau demikian, konfirmasi dari Kopertis hingga kini belum membuahkan hasil. Bahkan, persoalan ini semakin pelik karena berimbas pada mahasiswa. Mereka tak bisa mendaftar SM3T karena jurusannya dinonaktifkan Dikti.

Untuk meluruskan persoalan ini, Pieter akan mendatangi Dikti pada pekan depan. “Mudah-mudahan minggu depan semua sudah kembali normal,” katanya.


Ia menjelaskan akibat status itu juga, dosen-dosen Unikama tidak bisa mengajukan nomor induk dosen. Akibatnya, dosen-dosen Unikama kesulitan mengakses Dikti.

Sekadar diketahui, SM3T merupakan progam pemerintah bagi alumni perguruan tinggi di mana saja untuk mengajar di berbagai daerah terpencil di Indonesia. Progam ini diperuntukan bagi sarjana pendidikan di tahun 2015, 2014 dan 2013.
Masa pendaftaran progam ini dimulai sejak 9 Maret lalu, dan berakhir 7 Juni mendatang.

Sumber: Tribunnews
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Wah Gawat!! Ratusan Alumnus Unikama Resah Tak Bisa Daftar SM-3T Angkatan V"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-