Loading...

Tahun 2017 Sekolah Harus Gunakan Kurikulum Sama

   
JAKARTA - Kepada Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK), Ketua Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Sulistiyo mengaku meminta agar kurikulum sekolah dipersiapkan dengan baik.

Menurutnya, tidak baik jika pendidikan dijalankan dengan dua kurikulum berbeda, seperti saat ini. Mengingat, perbedaan antara kurikulum 2013 dan 2006.

"Untuk kurikulum PGRI meminta pemerintah untuk menyiapkan dengan baik supaya dua kurikulum yang sedang berjalan ini bisa segera ditata. saya kira tidak sehat kalau sebuah negara memberlakukan dua kurikulum bersama," kata Sulistiyo usai menghadap JK, Kamis (19/3).

Terhadap pemaparannya tersebut, Sulistiyo mengaku JK mengatakan bahwa tahun 2017 seluruh sekolah akan menggunakan kurikulum yang sama.

"Beliau (JK) menyatakan paling lambat 2017 semua sudah harus menggunakan kurikulum yang sama," ungkap Sulistiyo.

Untuk itu, ia menambahkan, para guru harus segera disiapkan sehingga pada tahun 2017 nanti siap dan tidak ada lagi penundaan pelaksanaan kurikulum.

Seperti diketahui, PGRI memang berulang kali mengatakan perlu ada perbaikan mendasar pada Kurikulum 2013. Sebab, dinilai memiliki banyak masalah saat diimplementasikan di sekolah.

Masalah tersebut, di antaranya karena kerangka pikir yang sukar dipahami, metode pembelajaran yang direkomendasikan sulit diterapkan, desain pelatihan guru tidak efektif, dan evaluasi yang sangat membebani.

Kemudian, penerapan kurikulum tahun 2013 memang dibatalkan dengan adanya Peraturan Menteri (Permen) Nomor 159 Tahun 2014 tentang evaluasi Kurikulum 2013 baru dikeluarkan tanggal 14 Oktober 2014.

Ilustrasi Kurikulum 2013 yang membebankan siswa. [Antara]

Dalam peraturan tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menginstruksikan kepada sekolah yang belum menggunakan Kurikulum 2013 selama tiga semester untuk kembali ke Kurikulum 2006. Sementara itu, sekolah yang telah menjalankan selama tiga semester diminta tetap menggunakan kurikulum tersebut sembari menunggu evaluasi dari pihak berwenang.

Padahal, kurikulum 2013 sendiri telah diterapkan di 6.221 sekolah sejak tahun pelajaran 2013/2014 dan di semua sekolah di seluruh Tanah Air pada tahun pelajaran 2014/2015.

Sumberberitasatu
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Tahun 2017 Sekolah Harus Gunakan Kurikulum Sama"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr