Loading...

Beredaran Buku Paham ISIS?

Surabaya - Beredarnya buku mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di tingkat SMA di Surabaya, Jawa Timur yang diduga menyebarkan paham Islamic State (ISIS) menarik perhatian sejumlah pihak. Sayangnya, belum ada keterangan resmi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur terkait hal ini.

Buku PAI dan Budi Pekerti itu telah sampai di tangan pelajar tingkat SMA di Sidoarjo, Jombang, dan Surabaya. Selain itu, buku dalam bentuk soft copy juga dapat diunduh secara bebas. Buku tersebut didistribusikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupa soft copy.

Pada halaman 78 buku PAI dan Budi Pekerti itu terdapat ajaran mirip paham ISIS. Yakni menghalalkan membunuh orang yang berbeda keyakinan atau menyembah selain Allah. Di buku tersebut juga menceritakan ajaran yang disampaikan salah satu tokoh Islam garis keras kelahiran Arab Saudi, Muhammad bin Abdul Wahab.

Hal ini menarik perhatian sejumlah pihak, di antaranya Koordinator Jaringan GusDurian Jawa Timur, Aan Anshori. Aan mendesak pemerintah setempat segera menarik buku PAI dan Budi Pekerti itu.

"Saya berharap agar buku tersebut segera ditarik dan direvisi sesuai dengan nilai-nilai luhur Islam Rahmatan lil 'Alamin yang bersendikan Pancasila dan UUD 1945," kata Aan Anshori.

Foto: Buku Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti tingkat SMA diduga sebarkan paham ISIS/MTVN_Amaluddin

Aan pun mengimbau kepada masyarakat khususnya umat Islam untuk mencontoh ajaran yang baik dari sejumlah tokoh agama. Menurutnya banyak tokoh Islam di Indonesia yang mengajarkan nilai-nilai luhur Islam di antaranya KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), KH Wahab Hasbullah (Mbah Wahab), KH Hasjim Asy'ari, Nurcholish Madjid (Cak Nur), dan tokoh lainnya.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur maupun Dinas Pendidikan Kota Surabaya terkait peredaran buku PAI dan Budi Pekerti tingkat SMA yang diduga mengajarkan aliran sesat itu. Tidak ada respon saat wartawan menghubungi kedua pejabat Dinas Pendidikan itu.

Sumber: Metrotvnews
   
loading...
Loading...
loading...

1 Response to "Beredaran Buku Paham ISIS?"

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-