PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Wajib Belajar 12 Tahun Mulai 2015

JAKARTA - Salah satu janji Presiden Joko Widodo saat kampanye lalu adalah program wajib belajar 12 tahun. Dalam waktu dekat, janji itu akan dipenuhi. Pemerintah sudah memutuskan untuk menjalankan program itu pada tahun pelajaran 2015/2016.

Direktur Pendidikan Bappenas Subandi di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan langkah strategis perwujudan wajib belajar 12 tahun. ”Inti dari implementasi program ini adalah membuka akses pendidikan seluas-luasnya, mulai dari SD, SMP, hingga SMA,” tutur dia Kamis (11/12).

Subandi menjelaskan, selama ini program wajib belajar yang berlaku di Indonesia adalah 9 tahun (SD sampai SMP). Kemudian, pemerintah memberikan bantuan biaya operasional untuk jenjang SMA untuk menekan biaya sekolah. Dengan demikian, akses di SMA dan sederajat semakin terbuka.

Menurut Subandi, pemerintah tahun depan tetap memberikan bantuan-bantuan biaya pendidikan. Seperti, dana bantuan operasional sekolah (BOS), bantuan siswa miskin (BSM), atau Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Setelah urusan akses mendapat jaminan dari pemerintah, langkah berikutnya adalah peningkatan kualitas sekolah. ”Sampai saat ini, banyak sekolah kondisinya hampir roboh,” katanya. Rencananya, tahun depan negara mengalokasikan Rp 10 triliun untuk urusan rehab sekolah rusak dan pengadaan sekolah serta ruang kelas baru.

Subandi mengatakan, wajib belajar 12 tahun tidak hanya upaya memobilisasi masyarakat untuk bersekolah sebanyak-banyaknya. Tetapi, juga tetap berupaya menjaga standar pelayanan minimal (SPM).

Sumber: JPNN


0 Response to "Wajib Belajar 12 Tahun Mulai 2015"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr