Loading...


PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Kurikulum 2013 Diterapkan Hanya Pada Sekolah Contoh

   
Jakarta -  Kurikulum 2013 hanya akan diterapkan pada sekolah percontohan sesuai dengan kebijakan awal yang dicanangkan pemerintah. Saat ini, penerapan Kurikulum 2013 ke seluruh sekolah di Indonesia mengalami hambatan akibat ketidaksiapan guru dan siswa.

Anggota Tim Evaluasi Kurikulum 2013 Hamid Hasan mengatakan Kurikulum 2013 hanya akan dilaksanakan oleh sekolah-sekolah yang ditunjuk pemerintah pada awal penerapan kurikulum.

"Kurikulum 2013 tetap dilanjutkan ke sekolah yang siap yang kita namakan sebagai Sekolah Inti," kata Hamid ditemui usai rapat Tim Evaluasi Kurikulum 2013 dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan di Gedung Kemendikbud, Rabu (3/12).

Konsep sekolah ini, katanya, hampir sama dengan sekolah percontohan yang ditunjuk pada awal penerapan Kurikulum 2013.Sementara itu, Ketua Tim Evaluasi Kurikulum 2013 Suyanto mengatakan saat ini tim kementerian mencoba membuat purwarupa sekolah-sekolah pelaksana Kurikulum 2013.

Idenya, katanya, bukan mengirimkan konsep sekolah tersebut tetapi aplikasi kurikulum ke sekolah lain yang akan menerapkan Kurikulum 2013. Suyanto juga menyampaikan dalam pembentukan sekolah percontohan untuk aplikasi Kurikulum 2013 yang paling berperan adalah guru dan kepala sekolah.

"Oleh karena itu, guru dan kepala sekolah harus dilatih dengan benar dan memiliki kompetensi menerapkan Kurikulum 2013," ujar dia.


Suyanto mengatakan saat ini jumlah sekolah yang termasuk ke dalam Sekolah Inti Kurikulum 2013 mencapai 6326 unit. Namun, dalam pelaksanaannya, jumlah tersebut bisa berubah tergantung kesiapan masing-masing sekolah.

"Paling tidak yang 6326 unit itu bisa menjadi contoh. Kalau ada sekolah baru yang mau melaksanakan akan kita periksa kriterianya," ujar dia.

Ditanyai mengenai kriteria sekolah yang dinilai siap menerapkan Kurikulum 2013, Suyanto mengatakan tim evaluasi belum memiliki kriterianya. Namun, dia menjelaskan akreditasi dan kategori sebagai sekolah mandiri bisa menjadi salah satu indikator menilai kriteria kesiapan. Sementara itu, katanya, untuk sekolah lain di luar Sekolah Inti yang ingin menerapkan Kurikulum 2013 bisa mengajukan permohonan ke pihak Kementerian.

"Nanti ada penilaian apakah mereka bisa menjadi sekolah Inti atau tidak," ujar Hamid.

Sumber: CNN Indonesia



   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Kurikulum 2013 Diterapkan Hanya Pada Sekolah Contoh"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr