Loading...

Follower Sudah Ratusan Ribu, Kok Peserta workshop jurnalistiknya Jonru cuma 10 Orang?

   
Peserta workshop jurnalistik cuma 10 orang, ini kata Jonru,

Merdeka.com - Minimnya peserta workshop jurnalistik yang diselenggarakan penulis terkenal Jonru bukan tanpa alasan. Menurut pria yang pernah mengkritik Joko Widodo di media sosial (medsos) itu, peserta workshop hanya 10 orang lantaran kurang sosialisasi.

Lebih jauh, Jonru berkilah memiliki kesibukan yang sangat padat sehingga tidak sempat mensosialisasikan acaranya itu ke fanspagenya yang berjumlah ribuan.

"Promosinya kurang gencar karena mepet. Soalnya saya sibuk akhir-akhir ini," katanya di SMKN 57 Pasar Mingg Jakarta Selatan, Minggu (30/11).

Ia menjelaskan baru kali ini acara workshop jurnalistik yang ia selenggarakan minim peserta. Bulan September lalu menurutnya acara workshop yang ia selenggarakan dihadiri sekitar 90 an orang.

"September waktu itu hampir 100 orang tapi yang ini promosinya kurang," katanya.

Jonru juga mengatakan acara workshop jurnalistik tersebut merupakan inisiatifnya sendiri. Inisiatif itu muncul ketika Jonru melihat beberapa dari akun di fanspagenya tertarik berlajar dunia tulis-menulis.

"Inisiatif sendiri, juga banyak orang yang tertarik untuk ikut acara seperti ini," tukasnya.

Sumber: http://www.merdeka.com/peristiwa/peserta-workshop-jurnalistik-cuma-10-orang-ini-kata-jonru.html

dan inilah jawaban Jonru dari website resminya.

“Ternyata Jonru Tak ‘Sehebat’ yang Saya Duga!”



Tulisan ini bertujuan membahas berita di Merdeka.com, tentang seminar saya yang pesertanya hanya 10 orang. Setelah dipertimbangkan dengan matang, saya memutuskan untuk bercerita dengan gaya TANYA JAWAB.


Selamat menyimak :-)

1. “Apa benar jumlah peserta seminar Anda tanggal 30 November di Jakarta, hanya 10 orang?”


Ya, benar. Jadi kalau ada teman yang mengira berita di Merdeka.com itu fitnah atau bohong, maka perlu saya jelaskan bahwa berita itu BENAR.

2. “Anda yang jumlah follower sangat banyak, kok bisa sih… peserta workshop Anda hanya 10 orang?”

Maaf, saya bukan tipe orang yang suka ngeles, memberikan berbagai macam alasan atau pembenaran untuk membela diri. Jadi saya tak akan mengarang-ngarang argumen hanya untuk membantah fakta tersebut.

Saya hanya ingin menjelaskan bahwa saya seorang pebisnis yang rajin mengadakan pelatihan penulisan sejak tahun 2008. Ada pelatihan saya yang sepi, ada yang ramai. Bulan september 2014 lalu, tim kami mengadakan acara serupa, dan alhamdulillah pesertanya hampir 100 orang. Namun dulu pernah juga jumlah pendaftar hanya tiga orang, sehingga acara terpaksa dibatalkan.

Jadi acara kali ini yang sepi, sebenarnya biasa-biasa saja.

Jika ini disebut kegagalan, maka kegagalan bagi seorang pebisnis adalah sarana untuk intropeksi diri. Kami mempelajari faktor-faktor kegagalannya, lalu belajar dari situ, lalu membuat strategi yang lebih baik untuk acara-acara berikutnya.

3. “Jika peserta seminar Anda hanya 10 orang, berarti jumlah follower Anda yang sangat banyak itu tak ada gunanya, dong?”

Haters memang berpandangan seperti itu, karena mereka hobinya memang mencela dan mencari-cari celah untuk membully orang lain. Ya, maklumi saja.

Perlu saya jelaskan bahwa:

A. Workshop yang diadakan oleh tim saya bulan September 2014 lalu, alhamdulillah pesertanya hampir 10o orang.

B. Saat saya jualan buku di Fan Page Jonru, alhamdulillah jumlah pembeli mencapai 400 orang dalam sebulan.

Ini adalah contoh bukti bahwa jumlah follower yang banyak tersebut alhamdulillah ada manfaat dan relevansinya. Adapun mengenai kejadian tanggal 30 November, di atas telah saya bahas.

Baca Selengkapnya di jonru.com
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Follower Sudah Ratusan Ribu, Kok Peserta workshop jurnalistiknya Jonru cuma 10 Orang?"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr