Loading...

Sistem CAT CPNS, Membuat Jumlah CPNS titipan Berkurang

   
Peserta CAT CPNS
BATAM - Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan menjamin ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) hasilnya akan objektif. Peserta bisa mengetahui langsung nilainya, begitu selesai ujian.

"Bisa dikatakan, yang akan menjadi pegawai negeri sipil nantinya adalah selektif dari sistem ini," ujar Ahmad Dahlan saat meninjau hari pertama pelaksanaan tes kemampuan dasar penerimaan CPNSD Kota Batam tahun 2014 di Universitas Putera Batam di Tembesi, Rabu (26/11).

Melui sistem tersebut, penitipan peserta secara otomatis berkurang. Tak lagi berbondong-bondong menitipkan sanak familinya untuk lolos tes.

"Kalau dulu banyak SMS atau fotokopi kartu peserta yang dikirim ke saya, minta tolong dibantu, walaupun tidak saya akomodir," kata Dahlan.

"Sekarang mungkin tidak sampai 10 SMS yang masuk, sama dua copy pendaftaran. Ini artinya masyarakat betul-betul well informed, masyarakat cukup tahu dengan sistem ini, sehingga tidak ngerepotin, tidang ngerecokin".

Perubahan sistem penerimaan secara signifikan ini lanjut Dahlan dilakukan BKN dalam sistem penerimaan ini, menggunakan IT. "Ini sangat bagus karena betul-betul transparan. Saudara saya pun atau adiknya bapak-bapak dari BKN ini kalau tidak lulus ya tidak lulus," ujar Dahlan.

Dahlan mengatakan meski Batam punya lapangan kerja yang bagus, ternyata tidak menjamin peminat CPNS sedikit. Ini terlihat dari animo masyarakat yang mendaftar capai angka lebih dari 3.000 peserta. Sementara jumlah yang akan diterima nantinya hanya 94 orang.

"Adik-adi punya tekad yang baik, niatkan bertujuan yang baik. Tidak hanya yang penting dapat kerja. Tapi niatkan tujuannya menjadi pegawai negeri yang baik. Adik-adik harap tenang. Pikiran tenang. Semoga adik-adik semua dapat hasil terbaik semuanya," pesan Dahlan kepada peserta tes sebelum memasuki ruangan ujian.

Tak lupa Dahlan menyampaikan terima kasih kepada Universitas Putera Batam yang telah memfasilitasi pelaksanaan ujian. Bahkan dengan fasilitas yang ada, Batam bisa menyelesaikan ujian dalam dua hari saja.

Selain memberikan pengarahan, Dahlan juga sempat memantau pelaksanaan ujian melalui tayangan CCTV. Pada tiap ruang terpasang dua unit kamera pengawas.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Batam, M Sahir mengatakan pelaksanaan ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan digelar selama dua hari, Rabu dan Kamis (26-27/11)di Kampus Universitas Putra Batam, Tembesi.

Peserta yang lolos dalam Tes Kemampuan Dasar (TKD), akan masuk tes selanjutnya. Setiap formasi hanya diambil tiga orang peserta yang nilainya teratas. Bila tidak ada yang sesui kualifikasi, maka formasi tersebut akan dikosongkan.

Nilai passing grade untuk Tes Karakteristik Pribadi 126, Tes Intelegensi Umum minimal 75 dan nilai Wawasan Kebangsaan minimal 70. "Waktu yang diberikan setiap peserta hanya 90 menit," beber Sahir.

Peserta yang lulus di TKD dan dinyatakan masuk dalam pasing grade yang ditentukan, bisa mengikuti Tes Kemampuan Bidang (TKB). TKB lanjut, tes psikotes sesuai dengan bidang keilmuan peserta. "Tes ini dilakukan tertulis," pungkas Sahir.(hgt)

LAPORAN KEADAAN PENERIMAAN CPNS KOTA BATAM TAHUN 2014
Jumlah Pelamar Melalui Online = 4349
Jumlah Berkas yang Masuk= 3921
Tidak Memasukkan Berkas= 428
Sudah diverifikasi= 3921
Lulus verifikasi= 3351

Tidak lulus verifikasi= 499
karena

- IPK kurang= 142
- BAN PT tidak ada= 4
- Berkas Tidak Lengkap=44
- Formasi Tidak Sesuai=26
- Leges Tidak Sesuai=56
- STR Tidak Ada= 29
- Tidak di Leges=71
- Umur=127


Kesalahan Berkas Lain-lain= 71
- Berkas lebih dari satu=15
- No Registrasi tidak terdaftar=1
- Registrasi tidak terdaftar=6
- Salah kirim=18
- Tidak ada nomor registrasi=31


Nilai Ambang Batas Tes Kemampuan Dasar ( TKD ) seleksi CPNS tahun 2014
Tes Karakteristik Pribadi (TKP )= 126
Tes Intelegensia Umum ( TIU )= 75
Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)= 70

Formasi Jabatan= 45 Jabatan
Pendidikan= 22 Jabatan
Kesehatan= 6 Jabatan
Teknis= 17 Jabatan

Pengumuman Hasil Verifikasi Berkas = Senin, 27 Oktober 2014
Ujian Computer Asssisted Test ( CAT ) = Rabu dan Kamis, tanggal 26 dan 27 Nopember 2014
Peserta yang mengambil Kartu Ujian = 3046 Orang
Peserta yang tidak mengambil Kartu Ujian = 305 Orang

Sumber: jpnn
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Sistem CAT CPNS, Membuat Jumlah CPNS titipan Berkurang"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr