Loading...

Indonesia (5) Vs Laos (1)

   
Timnas Indonesia Senior Di AFF 2014
Indonesai menderita kegagalan lolos dari penyisihan grup AFF Suzuki Cup untuk kedua kalinya secara beruntun walau dua gol RizkiRamdaniLestaluhu mengantarkan kemenangan Indonesia yang bermain dengan 10 pemain, 5-1 atas Laos di Stadion Hang Day, Hanoi, Jumat.

Evan Dimas dan RizkiRamdani mencetak gol di babak pertama untuk Indonesia sebelum KhampengSayavutth mencetak gol lewat penalti di pertengahan babak pertama untuk Laos setelah pemain Indonesia SupardiNasirBujang diganjar kartu merah.

Meskipun RizkiRamdani dan Zulham Malik Zamrun mencetak gol di babak kedua sebelum ditambah gol bunuh diri kapten Laos KetsadaSouksavanh, memberikan kemenangan pertama bagi skuad asuhan Alfred Riedl di Grup A, kemenangan Vietnam 3-1 atas Filipina membuat tim tuan rumah maju ke semifinal selain Azkals, sedangkan Indonesia harus puas finis di posisi ketiga.

"Ini tentu saja kemenangan penting. Jika kalah di laga ini, mungkin harus bermain di kualifikasi dalam dua tahun, "kata pelatih Indonesia, Riedl.

"Ini adalah pertandingan yang sulit bagi kami setelah kehilangan satu pemain, tapi saya pikir hasilnya terlalu tinggi karena saya tidak tahu berapa kali tendangan Laos mengarah ke gawang kami.

"Kiper kami bermain sangat baik dan membuat pertandingan yang bagus hari ini. Kita bisa kebobolan dua atau tiga gol, tapi kami juga bisa mencetak lebih banyak. "

Dengan Indonesia yang butuh kemenangan untuk tetap menjaga persaingan lolos ke semi-final, pelatih Riedl membuat sembilan perubahan dari komposisi pemain ketika kalah 4-0 dari Filipina pada Selasa, sementara pelatih Laos David Booth tetap percaya dengan starting lineup yang tampil begitu mengagumkan dalam kekalahan 3-0 mereka dari Vietnam sebelumnya.

Namun, dengan Laos yang kini bermain lebih menyerang dengan mengembalikan Khampheng ke posisi regulernya sebagai penyerang dibanding ketika lebih banyak bertahan melawan Vietnam, tim Indonesia membuka skor saat laga baru berjalan delapan menit, setelah tendangan Evan dari depan kotak penalti melesat ke sudut atas gawang dengan kiper SengathitSomvang hanya terpaku di tempat.

Dan Indonesia menggandakan keunggulan mereka 12 menit kemudian setelah Cristian Gonzales menyodorkan bola ke dalam kotak penalty sebelum disambar oleh RizkiRamdani lewat tendangannya yang melewati Sengathit.

Tapi Laos membalaskan satu gol hanya dalam tempo delapan menit kemudian saat Khampheng dengan dingin mengkonversi peluang penalty menjadi gol keduanya di turnamen ini setelah Supardi telah dikeluarkan wasit karena melakukan pelanggaran terhadap gelandang VilayoutSayyabounsou yang mengejar bola panjang ke kotak penalty.

Laos mengakiri 45 menit pertama dengan dominasi tinggi melawan10 pemain di mana gawang I Made Wirawan selalu mendapat tekanan termasuk peluang emas yang hampir menjadi gol dari KhonesavanhSihavong dan Khampheng pada akhir babak pertama.

Tapi Indonesia kembali membuat keunggulan dua gol, lima menit memasuki babak kedua setelah akselerasi individu Evan dari tengah, lalu menusuk di sisi kiri menuju area penalty dan mengirimkan umpan silang mendatar yang diteruskan oleh RizkiRamdani yang tak terkawal di tiang jauh.

Laos menghabiskan sisa babak kedua dengan terus menyerang, namun kerja keras skuad asuhan Booth ini gagal untuk mengubah kedudukan, dan justru Zulham yang menambah gol keempat bagi Indonesia lewat tendangan voli akrobatik dari jarak dekat, delapan menit jelang akhir laga.

Dan dengan hanya lebih dari satu menit tersisa, sepakan kapten Laos Ketsada untuk menghalau bola silang Zulham justru masuk ke gawangnya sendiri sekaligus menutup kemenangan bagi Indonesia.

"Malam ini kami katakan kepada mereka sebelum pertandingan, ini adalah kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan apa yang bisa mereka lakukan. Sebelum malam ini kita telah membiarkan tujuh gol bersarang, kita berpikir bahwa malam ini adalah kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan bahwa kita bangkit, "kata pelatih Laos Booth setelah melihat tim yang lolos dari babak kualifikasi ini menderita kekalahan ketiga.

"Pertandingan ketiga tidak ada ampun lagi karena mereka sudah tahu kompetisi ini, mereka tahu tim yang dihadapi, mereka tahu para pemain yang mereka hadapi, tapi bagaimana saya bisa bertahan bahwa saya tidak tahu."

Sumber: id.affsuzukicup
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Indonesia (5) Vs Laos (1)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr