Loading...

Kemajuan Teknologi Picu Bullying di Sekolah

   
JAKARTA - Maraknya kekerasan atau bullying yang terjadi di lingkungan sekolah, merupakan imbas dari kemajuan teknologi yang tidak diimbangi dengan kontrol, baik dari orangtua maupun guru di sekolah.

Hal ini dikatakan Ketua Satgas Perlindungan Anak (PA), M. Ihsan menanggapi beredarnya video kekerasan yang menimpa seorang siswi di Sekolah Dasar (SD) swasta Trisula Perwari Bukittinggi.

"Pertama, perilaku tersebut menjadi fenomena baru sejak anak-anak terpapar media baik internet, handphone, televisi, video game, dan lain-lain," ujar Ihsan pada JPNN, Senin (13/10).

Seharusnya, kata Ihsan, anak-anak diberikan pemahaman dan keterampilan cerdas menggunakan media dan internet.
Kedua, perilaku bullying terjadi lantaran anak-anak kesulitan untuk membedakan norma, nilai, perilaku, teladan dan realitas yang ada di sekitarnya. "Karena semua saling bertentangan, sehingga anak kehilangan pedoman dan pegangan," tuturnya.

Faktor lain, Ihsan menyebut pemerintah, masyarakat dan orangtua tidak mampu mengejar modernisasi dan serangan nilai-nilai yang dibawa oleh perkembangan teknologi. Karenanya Ihsan berharap orangtua maupun guru di sekolah turut mengawasi perkembangan mereka.

"Sehingga anak-anak selalu menjadi korban vonis masyarakat. Seharusnya anak-anak selalu dalam pengawasan dan kontrol orangtua juga guru di sekolah," tandasnya.

Sumber: jpnn
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Kemajuan Teknologi Picu Bullying di Sekolah"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr