Loading...

3 Informasi CPNS 2014 yang Bikin Salah Kaprah

Jakarta - Informasi CPNS 2014 tampaknya tengah menjadi buruan masyarakat Indonesia yang ingin mengabdikan dirinya pada negara. Tak heran, tim panitia seleksi nasional (Panselnas) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) terus melakukan pengembangan informasi mengenai seluk beluk seleksi CPNS 2014.

Meski begitu, masih banyak masyarakat yang keliru memahami berbagai penjelasan Panselnas terkait pendaftaran dan proses seleksi CPNS 2014. Terlebih lagi, masyarakat juga masih sering kesulitan melakukan pendaftaran di situs Panselnas.

Berikut tiga informasi yang seringkali masih membuat masyarakat salah kaprah dalam memahami proses seleksi CPNS 2014 seperti dirangkum Liputan6.com, Jumat (5/9/2014):

1. Hanya pendaftaran CPNS 2014 yang dilakukan secara online, tes offline dilakukan di lokasi tes

Masih banyak masyarakat yang mengira bahwa seluruh proses seleksi CPNS 2014 hingga tes dilakukan secara online. Sebagian masyarakat masih salah kaprah dan menilai bahwa tes dapat dilakukan dari mana saja secara online.

Padahal, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB Herman Suryatman telah menjelaskan bahwa hanya pendaftaran CPNS 2014 yang bersifat nasional dan bisa dilakukan secara online dari seluruh pelosok Indonesia.

"Tes dan seleksi selanjutnya itu diserahkan pada masing-masing instasi dan dilakukan secara offline dengan sistem CAT (Computer Assisted Test). Tetap pakai komputer tapi offline. Waktu dan tempat disesuaikan dengan kebijakan tiap instansi yang dilamar," terangnya.

2. Situs pendaftaran CPNS 2014 yang Benar


Pendaftaran CPNS 2014 kini menggunakan sistem single entry di mana hanya ada satu akses yang bisa digunakan para pelamar untuk mendaftarkan diri. Akses pendaftaran yang banyak diumumkan dapat dilakukan di panselnas.menpan.go.id.

Lagi-lagi, banyak masyarakat yang mengira bahwa pendaftaran benar-benar dilakukan di alamat portal nasional tersebut. Padahal, proses pendaftaran sebenarnya hanya dapat dilakukan di lamanregpanselnas.menpan.go.id.

Sementara portal nasional tersebut di atas, hanyalah menjelaskan alur pendaftaran, formasi CPNS 2014, status dan jadwal pembukaan registrasi instansi serta akses ke laman pengaduan. Itu semua agar masyarakat benar-benar memahami cara mendaftar seleksi CPNS 2014.

3. Jumlah instansi

Daftar instansi yang telah membuka akses pendaftaran merupakan salah satu informasi yang paling diburu para pelamar CPNS 2014. Menurut pantauan Liputan6.com, Jumat (5/9/2014) laman status dan jadwal instansi di portal nasional baru menunjukkan sekitar 61 instansi yang telah siap menerima pendaftaran.

Kenyataannya, Herman mengumumkan ada 136 instansi (hingga 4 September 2014) yang telah membuka akses pendaftarannya. Maklum saja, informasi status dan jadwal di portal nasional terakhir diperbarui pada 31 Agustus 2014 pukul 9.30 WIB.

"Saya jadi harus cari-cari sendiri di instansi yang saya mau. Soalnya di situs Panselnas, informasi instansi yang sudah buka pendaftaran nggak update. Jadi ya tetap saja harus terus-terusan mengecek ke tiap instansi," ungkap Nana (26 tahun), pelamar yang hendak mendaftar ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk itu, pemerintah melalui KemenPAN-RB terus memfasilitasi masyarakat yang ingin mengikuti proses pendaftaran dan seleksi dengan membuka Posko Layanan Informasi Seleksi CPNS 2014. Melalui Posko tersebut, masyarakat dapat langsung melayangkan pertanyaan dan pengaduannya pada KemenPAN-RB. Pengaduan juga dapat dilakukan melaui twitter, email dan situs yang telah disediakan Panselnas.

Sumber: liputan6
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "3 Informasi CPNS 2014 yang Bikin Salah Kaprah"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-