loading...

Pengalaman Bersama Acer Aspire E1-422

loading...
Loading...

 Acer Aspire E1-422
Sudah cukup lama tidak beli laptop baru lagi, diantara harga dollar terus menanjak harga laptop pun kian bergejolak. Pengen bantu saudara beli laptop murah dengan kuliatas yang  OK. Budget sekitar 3,5 - 4 jt pun dialokasikan dan ketika dicari dan keliling di toko-toko terdekat akhirnya Acer Aspire E-1 422 jadi pilihan dengan harga Rp. 3.800.000,-  TUNAI.

Woww.... Laptop baru nih!!!  

Saya beli laptop ini dengan status DOS alias tidak pakai OS, "ndak perlu diinstal ya mbak, biar nanti saya yang instal OSnya, " Kata saya pada si penjual. 


Dengan hati riang, laptop barupun dibungkus setelah dicek keadaannya terlebih dahulu. berhubung karena OS nya belum  terinstal jadi untuk cek secara detail tidak bisa dilakukan. "saya cek dirumah saja," kata saya padanya.

Setelah sampai dirumah, Laptop baru pun diperiksa dengan perlengkapan yang saya punya., bermaksud mengintal OS dengan Windows 7 Ultimate  32 bit permasalahan pertama muncul, "Kok ndak bisa di instal ya???"

Sudah saya coba Instal pakai Flash disk dan DVD kok ndak mau BOOTING?, Aneh??? Jangan-jangan ini produk gagal. Wow!!! amazing.

Dag dig dug.... Bagi saya ini adalah tantangan baru, biar dapat tambahan ilmu. Sekali lagi saya coba otak atik BIOSnya tapi tidak ada perubahan. Tetap saja flash disk nya tidak mau booting.

Seperti biasa, ketika saya bingung saya langsung ingat pada mbah guru GOOGLE. dialah satu-satunya mbah Guru yang bisa mengatasi masalah tanpa masalah. hahaha, kayak motto penggadaian saja.

Keyword: "Instal windows 7 di aspire E1-422," dan salah satu artikel dari si blogger saya temukan,  yakni di Blog si Ohblog. Setelah saya baca artikelnya memang permasalahannya sama dengan apa yang saya temukan. "ubah boot mode UEFI menjadi Lagacy, alhamdulillah setelah diubah intal windows 7 jadi lancar, katanya.



Ternyata memang benar, Setelah saya ganti boot mode di BIOS dari UEFI menjadi Lagacy akhirnya permasalahn bisa diatasi. Makasi sobat share artikelnya. dan dia pun berpesan "bagi yang belum paham perbedaan boot mode UEFI  dengan Lagacy, silahkan browsing di GOOGLE". kata si om ohblog.



Dengan kecepatan penuh Laptop Acer aspire E1-422 diinstal dengan menggunakan flask diks, setalah menunggu sekitar 20 Menit akhirnya System Operasi Windows 7 Ultimate 32 bit selesai terinstal. Kemudian driver laptop ini juga diinstal secara bertahap dari VGA, sound, WIFI, LAN, dll.

Si laptop baru ini lalu direstart.

Jreng...jreng..... Semua driver berjalan dengan sempurna kecuali si VGA dan USB sebelah Kiri. Apa gerangan yang terjadi? Kok Aero VGAnya tidak muncul dan kenapa si Slot USB flash Disk sebelah kiri tidak mau nyambung?.

Permasalahan baru ditemukan lagi, seperti permasalahan sebelumnya yukk!!! coba Kita Tanya si Mbah GOOGLE.


Searching.....!!!! Searching.....!!!!  dan Searching.....!!!!

dan ditemukan, permasalahan pertama: kenapa USB Sebelah kirinya tidak mau connect?
Jawaban: Silahkan didownload Driver USB 3 di Situs microsoft.

Satu permasalahan terpecahkan, tapi yang saya heran kenapa driver USB 3 tidak disedikan di DVD driver laptop ini dan ketika saya cari di situs resmi driver acer yakni, www.acer.co.id juag tidak disediakan? malah ada sesuatu yang bikin saya tambah kaget, yakni Silaptop secara defult hanya support dengan windows 8 dan 8.1 64 bit.  mungkin ini jawaban dari permasalahan ke dua berkeaan dengan VGA. Saya yakin bahwa DVD driver yang diberikan itu adalah support untuk Windows 8 64 bit, bukan untuk windows 7 32 bit seperti yang saya instalkan.

Saya yakin tiap permasalahan pasti ada solusi. Kalau tidak A kan masih ada B, C D dan seterusnya.
Solusi terbaik menurut saya, kita download saja driver yang support dengan OSnya di Situs resmi AMD. dan alhamdulillah asumsi itu benar kerena di situs AMD disedikan dengan lengkap type VGA yang support dengan Operasi System yang kita pakai.


Dan diakhir cerita Laptop Acer aspire E1-422 telah terinstal secara sempurna tanpa ada masalah. Memang pembelajaran terbaik itu adalah belajar dari masalah. Seperti kata pak profesor yang waktu lalu memberi seminar, "Laut yang tenang tidak akan menghasilkan Nelayan yang tangguh," dan "ombak yang kecil tidak akan menghasilkan peselancar yang hebat," kata ku. 


*Catatan Pandani
loading...

2 Responses to "Pengalaman Bersama Acer Aspire E1-422"

  1. pak,klo driver nya windows 8 apakah support buat windows 7,soalnya sya mau download di situs resmi acernya

    ReplyDelete
  2. Mas, Saya Mau Bertanya..!! Laptop Teman Saya Juga Sama Seperti "Emas" Acer Aspire E1-422 Akan Tetapi Permasalahannya Bukan Di USB Melainkan Di Wifinya.wifinya Minta Di Update, Pinginnya Sih Di Update Tapi Berhubung Wifinya Gangguan Jadi Bagaimana Mau Mengupdate..!! Lalu Saya Mencari Driver Instalan OFFLINE Di Google Tetapi Broadcom nya Lagi Gangguan Lalu Saya Cek Di "Device Manager" Salah Satu Network Adapter Yaitu Intel (R) Pro wireles 3945ABG network connection Ada Tanda Serunya (!) Lalu Cari Di Google Tidak Ada Yang terbaru dan juga Network Controller nya juga Minta Di update Tolong Di Bantu. Terimakasih

    ReplyDelete

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

Loading...