Loading...

CPNS 2014: Ada yang Pasang Syarat TOEFL 550, IPK 3,00

JAKARTA - Tahapan seleksi CPNS 2014 memasuki pengumuman lowongan yang dilakukan masing-masing instansi, baik pusat maupun pemda, mulai hari ini (18/8).

Tahapan ini berlangsung hingga 29 Agustus 2014. Para peminat kursi CPNS dapat mendaftarkan diri secara online mulai 20 Agustus hingga 3 September 2014.

Meski demikian, sudah ada instansi yang mulai mengumumkan adanya lowongan. Antara lain Kementerian Perdagangan yang menyediakan lowongan 124 kursi CPNS.

Nah, persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar CPNS di kemendag, bisa membikin banyak calon peminat kursi abdi negara "kalah sebelum bertanding".


"Salah satu syarat untuk melamar adalah memiliki sertifikat TOEFL Prediction yang masih berlaku hingga Desember 2013 dengan skor sama atau lebih besar dari 550," demikian diumumkan di situs resmi kemendag, yang ditampilkan sejak 15 Agustus 2014.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendag Gunaryo mengatakan, kecakapan bahasa Inggris disyaratkan karena disamping penguatan perdagangan dalam negeri, tugas pokok Kemendag adalah peningkatan ekspor sehingga akan berhubungan dengan berbagai pihak di berbagai negara.

Selain itu, kemendag juga memasang persyaratan khusus, antara lain "Diutamakan lulus Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi A. Diutamakan IPK 3,00."

Nah, bagi peminat kursi CPNS yang tidak memenuhi persyaratan tersebut, jangan lemes dulu. Pasalnya, masing-masing instansi baik pusat maupun pemda, persyaratan yang diajukan tidaklah seragam, tergantung kebutuhan dan kondisi instansi atau daerah masing-masing.

Artinya, meski IPK-nya tidak sampai 3,00 dan TOEFL di bawah 550, bukan berarti peluang menjadi CPNS sudah hilang. Pasalnya, persyaratan seperti itu hanya diterapkan oleh instansi tertentu saja, seperti kemendag yang memang membutuhkan pegawai yang punya kecakapan berbahasa Inggris.

Agar instansi-instansi bisa mengumumkan adanya lowongan sesuai jadwal, Deputi Sumberdaya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmadja meminta agar usulan rincian formasi segera disampaikan ke kemenPAN-RB untuk mendapatkan penetapan, sehingga bisa langsung diumumkan lowongannya.

Sumber: JPNN
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "CPNS 2014: Ada yang Pasang Syarat TOEFL 550, IPK 3,00"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-