Loading...

PENGHARUH MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF CIRC DALAM PEMBELAJARAN IPA/ BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 KOTA PADANG

   

Doris Yelniwetis [1] dan Syamsurizal [2]


Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan   telah banyak dilaksanakan seperti adanya perubahan kurikulum, peningkatan kompetensi guru dan pemilihan model pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat dilaksanakan  untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan mengadakan variasi dalam model  pembelajaran seperti  penggunaan model pembelajaran kooperatif CIRC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif CIRC terhadap hasil belajar biologi siswa kelas internasional SMPN 1 Padang. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap hasil belajar biologi siswa kelas internasional SMPN 1 Padang. Penelitian termasuk penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian  posttest only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII internasional SMPN 1 Padang tahun 2009. Data yang diambil merupakan data primer dari nilai hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan uji-t. Dari analisis data didapatkan harga thitung adalah 1,54 dan harga ttabel adalah 1,68 dengan taraf kepercayaan 95% (=0,05). Jadi thitung < ttabel, berarti hipotesis ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC tidak berpengaruh   terhadap peningkatan hasil belajar biologi siswa kelasVII internasional  SMPN 1 Padang.

Kata kunci: model kooperatif CIRC dan  hasil belajar Biologi



[1] Guru Biologi RSBI SMPN 1 Padang
[2] Dosen Biologi, FMIPA UNP
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "PENGHARUH MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF CIRC DALAM PEMBELAJARAN IPA/ BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 KOTA PADANG "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr