URAIAN SINGKAT
Tehnik Ini merupakan versi sederhana dari ”Turnamen
permainan-tim," yang dikembangkan oleh Robert Slavin dan rekan-rekannya.
Tehnik ini menggabungkan kelompok belajar dan kompetisi tim, dan bisa digunakan
untuk meningkatkan pembelajaran beragam fakta. konsep, dan ketrampilan.
PROSEDUR
1.
Bagilah siswa menjadi sejumlah tim
beranggotakan 2 hingga 8 siswa. Pastikan bahwa tim memlliki jumlah yang sama.
(Jika ini tidak bisa dilakukan. anda harus merata-ratakan skor dari tiap tim.)
2.
Berikan materi kepada tim untuk
dipelajari bersama.
3.
Buatlah beberapa pertanyaan yang menguji
pemahaman dan/atau penglngatan akan materi pelajaran. Gunakan format yang
memudahkan penilaian sendlri. misalnya pllihan ganda, mengisi titik-tltik.
benar/salah, atau definisi istilah. Dalam pelajaran komputer. misalnya. siswa
diberi sejumlah istilah seperti yang berikut ini untuk dipelajari:
Cascade : Cara menata jendela yang terbuka.
Icon : Gambar grafis yang mewakili unsur program.
Multitasking : Kernampuan
komputer untuk menjalankan lebih dari satu program secara bersamaan.
Path : Lokasi file dalam cabang direktori.
Server : Sebuah
komputer yang menyediakan ruang data atau printer bagi komputerkomputer lain.
Attribute : Informasi
tentang file.
4.
Berikan sebaglan pertanyaan kepada
siswa. Sebutlah ini sebagai "ronde satu" dari tumamen belajar. Tiap
siswa harus menjawab pertanyaan secara perseorangan.
5.
Setelah pertanyaan diajukan, sediakan
jawabannya dan perintahkan siswa untuk menghitung jumlah pertanyaan yang mereka
jawab dengan benar. Selanjutnya perintahkan mereka untuk menyatukan skor mereka
dengan tiap anggota tim mereka untuk mendapat skor tim. Umumkan skor dari tiap
tim.
6.
Perintahkan mereka untuk belajar lagi
untuk ronde kedua dalam tumamen. Kemudian ajukan pertanyaan tes lagi sebagai
bagian dari "ronde kedua." Perintahkan tim untuk sekali lagi
menggabungkan skor mereka dan menambahkannya ke skor mereka di ronde pertama.
7.
Anda bisa membuat ronde sebanyak yang
anda mau, namun pastikan nntuk memberi kesempatan tim untuk nienjalani sesi
belajar antar masing-masing ronde.(Lamanya tumamen belajar juga bisa
bervariasi. Bisa singkat selama dua puluh menit atau bahkan beberapa jam.)
VARIASI
1.
Beri penaiti kepada siswa yang memberi
jawaban salah dengan memberi mereka skor minus 2 atau minus 3. Jika mereka
tidak yakin dengan jawabannya, lembar jawaban kosong bisa dianggap 0 (nol).
Jadikan pemeragaan sejumlah ketrampilan dasar
turnamen.
0 Response to "Turnamen Belajar"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr