Loading...


PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN PRAMUKA (RKPP)

   
SYARAT-SYARAT KECAKAPAN UMUM
(GOLONGAN PANDEGA)

18.  Dapat memberikan penjelasan tentang tali temali dan pionering
kepada Pramuka Penggalang/ Penegak.




Oleh:
Irfan Dani, S.Pd.

KURSUS MAHIR DASAR (KMD) PPG SM-3T UNP
KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA KOTA PADANG

2013


=======================================================

RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN PRAMUKA (RKPP)

A.    INFORMASI UMUM
1.      Materi pembelajaran    :  Pramuka
2.      Jenjang pendidikan     :  Perguruan Tinggi
3.      Golongan Pramuka     :  Pandega
4.      Topik                           :  Tali-temali dan pionering ( Butir SKU nomor 18)
5.      Alokasi waktu             :  90 menit
6.      Pertemuan ke              :  10
7.      Hari/Tanggal               :  Minggu/1 September 2013
8.      Tempat kegiatan          :  Gudep 01111-01112 Universitas Negeri Padang
9.      Nama Pembina            :  Irfan Dani, S.Pd.


B.  KOMPETENSI DASAR

18.  Dapat memberikan penjelasan tentang tali temali dan pionering kepada Pramuka Penggalang/ Penegak.

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Peserta didik mampu menyebutkan pengertian simpul
2.      Peserta didik mampu menyebutkan pengertian ikatan
3.      Peserta didik mampu menjelaskan kegunaan simpul
4.      Peserta didik mampu menjelaskan kegunaan ikatan
5.      Peserta didik mampu menjelaskan macam-macam simpul
6.      Peserta didik mampu menjelaskan macam-macam ikatan
7.      Peserta didik mampu membuat simpul dan ikatan
8.      Peserta didik mampu menjelaskan pengertian pionering
9.      Peserta didik mampu menyebutkan macam-macam model pionering
10.  Peserta didik mampu membuat 2 macam model pionering


D.  INDIKATOR

Indikator Kognitif:
1.      Menyebutkan pengertian simpul dan ikatan
2.      Menjelaskan kegunaan simpul dan ikatan
3.      Menjelaskan macam-macam simpul dan ikatan
4.      Menjelaskan pengertian pionering
5.      Menyebutkan manfaat dari pionering
6.      Menyebutkan macam-macam model pionering
7.      Menjelaskan pengaplikasisan simpul, ikatan dan pionering dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator Afektif:
1.       Peserta didik dapat bekerja sama dalam membuat simpul, ikatan dan pionering
2.       Peserta didik dapat bertanggung jawab dalam menyelesaikan simpul dan ikatan
3.       Peserta didik dapat menghargai karya pionering dari kelompok lainnya.
4.      Peserta didik peduli terhadap teman-teman dalam kelompok
5.      Peserta didik dapat membuat pionering dengan sopan
6.      Peserta didik dapat tenggang rasa dengan pembuatan pionering diklompok lain
7.      Peserta didik dapat serius mengerjakan pionering
8.      Peserta didik dapat antusias mengerjakan pionering
9.      Peserta didik dapat berani bekerja dalam menyelesaikan pionering
10.  Peserta didik dapat disiplin mengerjakan pionering

Indikator Psikomotor:
1.      Peserta didik dapat membuat simpul mengunakan tali pramuka dengan benar
2.      Peserta didik dapat membuat ikatan menggunakan tongkat pramuka dengan benar
3.      Peserta didik dapat membuat pionering sederhana menggunakan simpul dan ikatan pada beberapa tongkat dengan benar.


E.  BENTUK KEGIATAN
1.      Membuat simpul tanpa tongkat
2.      Membuat ikatan pada dua buah tongkat
3.      Membuat membuat tandu
4.      Membuat tiang bendera sederhana
5.      Membuat ikatan palang pada tiang badai tenda
6.      Membuat pionering model segitiga piramida
7.      Membuat pionering model menara pandang.

F.  URAIAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Aktifitas Pembelajaran:

Kegiatan Peserta Didik
Kegiatan Pembina
Waktu
(menit)
Peralatan
Pendukung
A.   Pembukaan
1.    Peserta didik mengikuti upacara pembukaan latihan


B.   Kegiatan inti latihan
1.      Peserta didik mendengarkan instruksi dan materi dari pembina



2.      Peserta didik melakukan latihan tali menali sesuai dengan instruksi pda materi yang diberikan.
3.      Peserta didik membuat tandu dan tiang bendera dengan menggunkan simpul dan ikatan.



C.    Penutupan
1.      Peserta didik mengikuti upacara penutupan latihan
2.      Peserta didik mendengarkan informasi dan amanat dari pembina
3.      Peserta didik menutup latihan dengan berdo’a



1.      Pembina membuka upacara pembukaan latihan



1.      Pembina menyampaikan materi kepada peserta didik mengenai tali-menali

2.       Pembina membimbing peserta didik untuk melakukan latiha tali menali.
3.      Pembina melakukan pemeriksaan hasil kerja pserta didik  sesuai dengan penilaian psikomotor yang ada.




1.      Pembina mengikuti upacara penutupan latihan
2.      Pembina memberikan amanat kepada peserta didik
3.      Pembina menutup latihan dengan memimpin do’a

20 Menit





10 menit





60 Menit




20 Menit









10 Menit

Bendera cikal, tiang bendera. Tongkat pramuka dan tali pramuka.


Tali pramuka, dan tongkat, patok/pancang. Martil/batu.





G.  RINGKASAN MATERI
            *Terlampir

H.  SUMBER
Irfan, 2013, Tali-temali pramuka, http://pustaka.pandani.web.id/2013/06/pionering.html. Diakses 24 juni 2013.
Irfan, 2013, Tali-temali pramuka, http://pustaka.pandani.web.id/2013/06/tali-temali.html. Diakses 24 juni 2013.




Padang, 22 juni 2013
Pembina Pramuka    ,


Irfan Dani, S.Pd.

   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN PRAMUKA (RKPP)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr