URAIAN SINGKAT
Tehnik ini memungkinkan anda untuk menyajikan
informasi Sebagai jawaban atas pertanyaan yang telah disiapkan pada siswa yang
anda tunjuk. Kendati anda pada kenyataannya memberikan pelajaran yang
tersiapkan dengan baik, namun bagi siswa lain (selain siswa yang anda tunjuk)
anda tampak hanya melakukan sesi tanya-jawab.
PROSEDUR
1.
Pilihlah pertanyaan yang
akan mengarahkan kepada pelajaran anda. Tulislah tiga hingga enam pertanyaan
dan urutkan secara logis.
2.
Tulislah masing-masing pertanyaan
pada sebuah kartu, indeks dan tulislah isyarat yang akan anda gunakan untuk
menandakan bahwa anda ingin agar pertanyaan itu diajukan. Tanda-tanda atau
isyarat yang dapat anda gunakan meliputi:
·
menggaruk-garuk hidung anda.
·
melepas kacamata anda.
·
menjentikkan jemari anda.
·
menguap
Kartu instruksinya bisa tampak seperti ini:
1.
Sebelum pelajaran dimulai,
pilihiah siswa yang akan mengajukan pertanyaan. Berikan masing-masing satu
kartu indeks, dan jelaskan tanda-tanda mereka. pastikan bahwa mereka tidak
mengungkapkan kepada siapapun bahwa mereka telah diberi pertanyaan.
2.
Bukalah sesi tanya-jawab
dengan mengumumkan topiknya dan berikan isyarat pertama anda. Panggilah siswa
yang sudah diberi pertanyaan, jawablah pertanyaan itu. dan kemudian lanjutkan
dengan isyarat dan pertanyaan berikutnya.
3.
Sekarang, bukalah kesempatan
bagi seluruh siswa untuk mengajukan pertanyaan baru, bukan yang telah diberikan
sebelumnya. Anda mesti memastikan adanya beberapa siswa yang tunjuk jari.
VARIASI
1.
Sertakan jawaban atas pertanyaan
tersebut pada kertas lipat, transparansi OHP, atau buku pegangan pengajaran yang
anda bagikan ketika maslng-masing pertanya dijawab. Ungkapkan
secara dramatis jawabannya ketika pertanyaan diajukan.
2.
Berikan pertanyaan yang
telah anda perslapkan kepad siswa yang paling sedikit memperlihatkan minat ata
yang memperllhatkan sikap peran kurang bersahabat.
0 Response to "Pertanyaan yang Disiapkan"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr