PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pengertian Endositosis


Endositosis merupakan mekanisme pengambilan substansi (molekul) oleh sebuah sel dari sekitarnya melalui membran sel. Berdasarkan jenis molekul yang diambil, dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
  • Fagositosis
Fagositosis berasal dari bahasa yunani, phagein berarti makan, merupakan proses pengambilan partikel- pertikel padat yang berukuran besar. Pada proses ini terjadi pelekukan membran sel sehingga partikel padat tersebut berada pada vesikula (hasil pelekukan membran). Selanjutnya , vesikula yang terbentuk akan bergabung denan lisosom tersebut akan diabsorpsi ke sitoplasma, sedangkan sisa pencernaan yang tidak digunakan oleh sel akan dibuang keluar sel melalui proses eksositosis



  • Pinositosis

Pinositosis berasal dari bahasa yunani, pinein yang berarti minum. Pada proses pinositosis, sel mengambil makanan dalam bentuk cairan dari lingkungan sekitarnya. Contoh organisme yang melakukan pinositosis ialah Amoeba  dan beberapasel hewan [pustaka pandani].

0 Response to "Pengertian Endositosis"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr