PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pemberian Pelajaran Antar Siswa


URAIAN SINGKAT
Ini merupakan strategi untuk mendukung pengajaran sesama siswa di dalam kelas. Strategi ini menempatkan seluruh tanggungjawab pengajaran kepada seluruh anggota kelas.

PROSEDUR
1.      Bagilah siswa menjadi sub-sub kelompok. Buatlah sub-sub kelompok dengan jumlah yang sesuai dengan topik yang akan diajarkan.
2.      Beri tiap kelompok sejumlah informasi, konsep, atau ketrampilan untuk diajarkan kepada siswa lain. Berikut adalah beberapa contoh topiknya:
·      Susunan paragraf yang efektif
·      Mekanisme pertahanan psikologis
·      Memecahkan teka-teki matematika
·      Penyebaran AIDS
Topik yang anda berikan kepada siswa harus saling berkaitan.
3.      Peritahkan tiap kelompok untuk menyusun cara dalam menyajikan atau mengajarkan topik mereka kepada slswa  lain. Sarankan mereka untuk menghindari cara , mengajar sistem ceramah atau semacam pembacaan laporan. Doronglah mereka untuk menjadikan pengalarnan belajar sebagai pengalaman yang aktif bagi siswa.
4.      Kemukakan beberapa saran sebagai berikut:
·      Sediakan media visual.
·      Buatiah lakon pemeragaan (jika memungkinkan)
·      Gunakan contoh dan/atau analogi untuk mengemukakan poin-poin pengajaran.
·      Libatkan siswa melalui diskusi. permalnan kuis tugas menulis, sandiwara, imajinasi mental, atau studi kasus.
·      Beri siswa kesempatan untuk mengajukan per-tanyaan.
Sebagai contoh. seorang guru memberikan tugas kepada siswa dalam pelajaran soslologi untuk menyusun presentasi tentang empat isu utama penuaan. Empat sub kelompok dibentuk dan pilihlah format berikut untuk pengajaran sesama siswa:
·      Proses Penuaan: permainan kuis benar/salah tentang fakta-fakta penuaan.
·      Aspek-aspek Fisik Penuaan: Sebuah simulasi tentang aspek-aspek umum penuaan (misalnya, radang sendi, berkurangnya pendengaran, penurunan daya lihat).
·      Stereotip tentang Penuaan: Tugas menulis dimana anggota kelas menulis tentang persepsi masyarakat mengenai penuaan.
·      Hilangnya kemandirian: Sebuah latihan drama yang melibatkan anak-anak yang membicarakan transisi dengan orang tuanya.
Anda juga dapat memilih beberapa metode dari buku ini sebagai strategi pengajaran
5.      Berikan waktu yang mencukupi untuk merencanakan dan mempersiapkannya (bai di dalam maupun di luar kelas). Kemudian perintahkan tiap kelompok untuk menyajikan pelajaran mereka. beri tepuk tangan atas usaha keras mereka.

VARIASI
1.      Sebagai alternatif dari pengajaran kelompok, perintah­kan siswa untuk mengajar atau memberi bimbingan kepada siswa lain secara individual atau dalam kelom­pok kecil.

2.      Beri kesempatan tiap kelompok untuk memberi siswa. tugas membaca sebelum memulai pelajaran mereka.



0 Response to "Pemberian Pelajaran Antar Siswa "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr