Model ini merupakan suatu model yang sangat terstruktur dengan enam
tahapan pelaksanaan khusus. Keterlibatan siswa terdapat di dalam setiap tahapan
mulai dari pemilihan topik hingga evaluasi belajar siswa.
Tahap 1.
Indentifikasi topik dan mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok.
1.
Para siswa memeriksa sumber
belajar, mengusulkan topik dan mengkategorikan saran-saran.
2.
Para siswa bergabung ke dalam
kelompok mempelajari topik pilihan mereka.
3.
Komposisi membantu didasarkan kepada minat dan heterogen.
4.
Guru membantu dan mengumpulkan informasi dan memudahkan
organisasi.
Tahap 2.
Merencanakan tugas belajar
Tahap 3. Melakukan penyelidikan
1.
Para siswa mengumpulkan
informasi, menganalisis data dan mengambil kesimpulan.
2.
Setiap anggota kelompok berkontribusi terhadap upaya kelompok.
3.
Para siswa saling bertukar
gagasan, berdiskusi, dan melakukan klarifikasi.
Tahap 4.
Mempersiapkan laporan akhir
1.
Setiap
anggota menentukan pesan pokok dan proyek mereka.
2.
Setiap
anggota kelompok merencanakan apa yang akan mereka laporkan.
3. Perwakilan kelompok membentuk bagian
pengendali untuk mengkoordinasikan rencana penyajian.
Tahap 5.
Menyajikan laporan akhir
1.
Presentasi dibuat dalam bentuk yang bervasiasi.
2. Pendengar menilai kejelasan penyajian berdasarkan kriteria
yang ditentukan sebelumnya oleh keseluruhan anggota kelas.
Tahap 6.
Evaluasi
1.
Para siswa berbagi umpan balik
tentang topik, pekerjaan yang telah dilakukan, dan pengalaman afektifnya.
2.
Guru dan siswa bekerjasama menilai belajar siswa.
3.
Penilaian belajar hendaknya menilai kemampuan berpikir
tingkat tinggi.
0 Response to "Metode Pembelajaran Kooperatif Model GI (Group Investigation)"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr