A.
Latar Belakang
Observasi
Penelitian tindakan kelas merupakan
suatu kegiatan yang sangat penting dalam mengetahui permasalahan pembelajaran
yang terjadi dalam suatu kelas. Dalam hal ini penulis selaku mahasiswa praktek
lapangan Program Profesi Guru (PPG) telah melakukan kegiatan observasi di SMA
Negeri 13 Padang dalam pembelajaran biologi
pada kelas XI IPA 1 Semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Dengan adanya observasi ini penulis dapat
mengetahui apa-apa saja permasalahan yang terjadi didalam pembelajaran,
bagaimana metode guru dalam mengajar dikelas, dan bagaimana aktivitas yang
terjadi dalam proses pembelajaran tersebut. Sehingga penulis mendapat gambaran
dalam mempersiapan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan aktivitas
belajar didalam kelas dari pada sebelumnya. Dan diharapkan dengan adanya
penelitian ini seorang guru tentunya dapat memilih metode dan model pembelajaran
apa yang baik untuk mengatasi permasalahan yang dialami.
B.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan hasil wawancara dan
pengamatan langsung dari penulis di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 13 Padang,
Penulis mendapatkan informasi:
a.
Motivasi
belajar siswa masih rendah
b.
Siswa tidak
seluruhnya aktif dan antusias dalam pembelajaran
c.
Siswa malas
berdiskusi dalam berkelompok
d.
Siswa malas
membaca bahan ajar yang di berikan
e.
Siswa malas
mengerjakan LKS yang diberikan
f.
Siswa sering
mengantuk karena pembelajaran biologi terlatak pada jam Akhir pembelajaran
g.
Siswa kurang
bersemangat dalam pembelajaran yang dianggap kurang menarik
h.
Metode yang
biasa di pakai guru adalah ceramah, dan tanya jawab yang dianggap membosankan
bagi siswa.
i.
Guru jarang
memakai model-model pembejaran inovatif dalam pembelajaran biologi dikelas.
C.
Pemilihan tindakan dana argumentasi
Berdasarkan hasil identifikasi masalah yang telah
dilakukan penulis dari siswa dan pengamatan langsung dikelas XI IPA 1 SMAN 13
Padang, bahwa siswa memiliki motivasi
dan aktivitas belajar yang rendah,. Tindakan yang penulis rasa tepat untuk
mengatasi masalah rendahnya motivasi belajar ini adalah dengan menerapkan Model
pembelajaran kooperative tipe Course
Review Horay (CRH). Karena Model ini memiliki keunggulan yang cocok untuk
dipakai untuk meningkatkan motivasi belajar.
Model pembelajaran ini
dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap kelompok
yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak
"HORE" atau yel-yel lainnya yang disukai. Course Review Horay adalah salah satu model pembelajaran yang
mendorong siswa untuk ikut aktif dalam belajar. Dengan model pembelajaran
Course Review Horay diharapkan dapat melatih kerja sama dalam menyelesaikan masalah dengan pembentukan
kelompok, pembelajarannya menarik dan
mendorong siswa untuk terjun kedalamnya, tidak monoton karena diselingi sedikit
hiburan sehingga suasana tidak menegangkan serta siswa lebih semangat belajar
karena suasana pembelajaran berlangsung menyenangkan sehingga mampu membantu
siswa dalam meraih nilai yang tinggi.
D.
Perumusan Masalah
Masalah penelitian tindakan kelas dirumuskan sebagai berikut:
“Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperative tipe Course Review Horay dapat meningkatkan
aktivitas belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 13 Padang?”
E.
Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Course
Review Horay mampu meningkatkan aktivitas belajar biologi siswa
kelas XI IPA 1 SMA Negeri 13 Padang Semester
ganjil tahun ajaran 2013/2014.
F.
Hipotesis Penelitian
Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course
Review Horay dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas
XI IPA 1 SMA Negeri 13 Padang Semester
ganjil tahun ajaran 2013/2014.
G.
Judul Penelitian
Dari Hasil laporan observasi ini penulis mengambil judul untuk penelitian
tindakan kelas yakni: “Upaya Peningkatan
Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 13 Padang Melalui Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course
Review Horay (CRH)”.
0 Response to "LAPORAN OBSERVASI PTK SMAN 13 PADANG"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr