URAIAN SINGKAT
Tehnik tim ini dapat meningkatkan rasa tanggungjawab
siswa atas apa yang mereka pelajari dengan cara yang menyenangkan dan tidak
mengancani atau tidak membuat mereka takut.
PROSEDUR
1.
Pilihlah topik yang bisa disajikan dalam
tiga segmen.
2.
Bagilah siswa menjadi tiga tim.
3.
Jelaskan format pelajaran dan mulailah
penyajian materinya. Batasi hingga 10 menit atau kurang dari itu.
4.
Perintahkan Tim A untuk menyiapkan kuls
jawaban singkat. Kuis tersebut harus sudah siap dalam tidak lebih dari 5
menit. Tim B dan C menggunakan waktu ini untuk memeriksa catatan mereka.
5.
Tim A memberi kuis kepada anggota Tim B.
Jlka Tim B tidak dapat menjawab satu pertanyaan, Tim C segera menjawabnya.
6.
Tim A mengarahkan pertanyaan berikutnya
kepada aggota Tim C, dan mengulang proses tersebut.
7.
Ketika kuisnya selesai, lanjutkan dengan
segmen kedua dari pelajaran anda, dan tunjuklah Tim B sebagai Pandu kuis.
8.
Setelah Tim B menyelesaikan kuisnya, lanjutkan
dengah segmen ketiga dari pelajaran anda. dan tunjuk Tim C sebagai pemandu
kuis.
VARIASI
1.
Berikan tim pertanyaan kuis yang telah
dipersiapkan yang darinya mereka memilih kapan mereka mendapat giliran menjadi pemandu kuis.
2.
Berikan satu penyajian materi secara
kontinyu. Bagilah siswa menjadi dua tim. Pada akhir pelajaran, perintahkan dua
tim untuk saling memberi kuis.
Pengajaran
sesama siswa
Sebagian pakar percaya bahwa sebuah mata pelajaran haru
benar-benar dikuasai ketika si pembelajar mampu mengajarkannya kepada orang
lain. Pengajaran sesama siswa memberi siswa kesempatan untuk mempelajari
sesuatu dengan balk dan, sekaligus, menjadi narasumber bagi satu sama lain.
Strategi-strategi yang berikut ini merupakan cara praktis untuk mengadakan
pengajaran sesama siswa di kelas. Strategi ini juga memungkinkan guru untuk
memberi tambahan. bila dirasa perlu, pada pengajaran yang dilakukan oleh
siswa”.
0 Response to "Kuis Tim"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr