PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Hukum II Newton

Penerapan hukum kedua Newton sering ditemukan dalam kehidupan manusia. Seorang tukang mendorong gerobak untuk memindahkan barang dari suatu tempat ke tempat yang lain. Begitu pula halnya dengan kuda menarik bendi untuk mengantarkan penumpang ke tempat tujuan. Apabila sebuah mobil mogok sering dilakukan dengan mendorong mobil tersebut untuk menghidupkannya.

Seseorang menarik ember dari sumur, mendorong gerobak, atau menekan pedal gas kendaraan dikatakan memberikan gaya pada benda tersebut. Tujuannya adalah untuk mempercepat gerak dari benda. Besarnya gaya yang diberikan berpengaruh pada percepatan dari benda. Hubungan antara percepatan dengan gaya yang diberikan dirumuskan oleh Newton yang dikenal dengan hukum kedua Newton dari gerak. Hukum ini menyatakan bahwa:

Percepatan dari suatu benda yang bergerak besarnya berbanding lurus dengan resultan gaya yang bekerja padanya dan berbanding terbalik dengan massanya. Arah dari percepatan searah dengan gaya bersih yang diberikan.

Dalam simbol hukum kedua Newton dapat ditulis seperti:






0 Response to "Hukum II Newton"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr