BAB II
HASIL
OBSERVASI
A.
Kegiatan Pengenalan Lapangan
Nama mahasiswa :
Irfan Dani, S,Pd.
NIM / BP : 1210248/2013
Sekolah tempat PLK :
SMA Negeri 13 Padang
Alamat
Sekolah : Tanjung Aur,
Kel. Balai Gadang
Kec. Koto Tangah, Kota Padang 25174
Tanggal
Observasi :
12 – 17 Agustus
2013
Selama berada di SMA Negeri 13 Padang, mahasiswa PLK
juga diharapkan bisa bersosialisasi dengan para guru tanpa membedakan satu
dengan yang lainnya, karena program yang akan dinilai bukan hanya program teaching saja tetapi juga program non teaching. Selanjutnya dilakukan
observasi baik dari segi fisik maupun non fisik.
B.
Keadaan Sekolah
1. Identitas
Sekolah
NPSN :
10303481
NSS : 301086105013
Nama Sekolah : SMA Negeri 13 Padang
Alamat
Sekolah : Tanjung Aur,
Kel. Balai Gadang
Kec. Koto Tangah, Kota Padang 25174
Telepon : 0751-7862377
Email : smantibeloke@yahoo.co.id
Website : sman13padang.sch.id
2. Visi,
Misi, dan Tujuan Sekolah
a. Visi
Pendidikan
berwawasan lingkungan berdasarkan iman dan taqwa,berbudi pekerti, berprestasi
serta berbudaya
b. Misi
1) Mewujudkan Pendidikan yang bermutu, menguasai ilmu pendidikan dan
tekhnologi serta berwawasan lingkungan.
2) Mewujudkan sikap yang terpuji dan ketauladanan berdasarkan iman
dan taqwa.
3) Meningkatkan prestasi dan pengembangan bakat melalui kegiatan
ekstra kurikuler.
4) Menciptakan kultur sekolah yang dinamis, harmonis, sejuk dan
menyenangkan.
c. Tujuan
1) Memberdayakan linkungan sekolah sebagai pendukung sumber
pembelajaran.
2) Menanamkan nilai-nilai akhlak mulia dan budi pekerti yang luhur
dalam kehidupan sehari-hari.
3) Menanamkan sikap disiplin yang tinggi dalam menjalankan aturan dan
tata tertib sekolah.
4) Menciptakan suasana lingkungan yang harmonis, sejuk dan
menyenangkan antara warga sekolah dengan masyarakat lingkungan.
3.
Struktur
Organisasi Sekolah
Kepala Sekolah : Drs. H. Mara
Sutan,M.Pd
Wakil Bidang
Kurikulum : Dra. Fauziyati
Wakil Bidang
Humas : Jasdaini, S.Pd
Wakil Bidang
Sarana dan prasarana : Zahroni
Kepala Tata
Usaha : Yuni
Usharani, S.Sos
4. Komite
Sekolah
Ketua : Jumadi, SH
Wakil Ketua : Basori RA
Sekretaris : Syahril Dt. Marajo
5. Tenaga
Pendidik dan Administrasi
Guru PNS : 51
orang
Guru Non PNS : 9 orang
Tenaga
Administrasi PNS : 5 orang
Tenaga
Administrasi Non PNS : 4 orang
Satpam :
1 orang
6. Siswa
Kategori
|
Kelas 1
|
Kelas 2
|
Kelas 3
|
Jumlah
|
Laki-laki
|
147 orang
|
61 orang
|
41 orang
|
249 orang
|
Perempuan
|
159 orang
|
109 orang
|
102 orang
|
370 orang
|
Jumlah
|
306 orang
|
170 orang
|
143 orang
|
619 orang
|
Siswa miskin
|
251 orang
|
117 orang
|
114 orang
|
482 orang
|
7.
Sarana
dan Prasarana
Ruang kepala
sekolah : 1 buah
Ruang wakil
kepala sekolah : 1 buah
Ruang tata
usaha : 1 buah
Ruang komite : 1 buah
Ruang majelis
guru : 1 buah
Ruang BK : 1 buah
Ruang kelas
teori : 20 buah
Labor komputer : 1 buah, dengan 15 unit
komputer
Labor IPA : 2 buah
Pustaka : 1 buah
UKS : 1 buah
Ruang OSIS : 1 buah
Mushala : 1 buah
Komputer PC
kantor : 4 unit
VCD/DVD player : 2 unit
Laptop/Notebook : 5 unit
LCD proyektor : 3 unit
8.
Keadaan
Lingkungan Sekolah
Lokasi SMAN
13 Padang relatif jauh dari pemukiman penduduk sehingga suasana
sekolah cukup kondusif dari gangguan keramaian. Sekeliling sekolah merupakan
lahan kosong. Di dalam sekolah terdapat warung-warung yang menjual makanan.
SMAN 13 Padang sekarang sedang melakukan
pembangunan gedung baru sehingga
sesekali ada lalu lalang truk pengangkut bahan bangunan. Secara umum keadaan
sekolah cukup nyaman untuk kegiatan belajar mengajar. Namun ada sedikit
kerugian karena lokasi sekolah jauh dari pusat kegiatan masyarakat, seperti
tidak adanya fasilitas umum di dekat sekolah.
9. Tata
Tertib Sekolah
Secara umum
tata tertib di sekolah tidak dilaksanakan dengan baik. Tata tertib berpakaian siswa
tidak terlaksana. Siswa sering keluar masuk kelas tanpa alasan yang jelas. Pelanggaran terberat terjadi pada saat
pelaksanaan upacara bendera dimana banyak siswa yang tidak lagi melaksanakan
upacara sebagaimana mestinya. Siswa banyak yang tidak mengikuti upacara dengan
khidmat. Namun siswa tidak diperkenankan keluar dari lingkungan sekolah tanpa
izin dari guru piket PBM, dan pelaksanaan aturan ini sangat baik.
C.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.
Kegiatan
membuka pelajaran
Setiap awal
pembelajaran di pagi hari diawali dengan membaca doa dan Asmaul Husna
bersama-sama. Kemudian guru terlebih dahulu
mencek kehadiran siswa dan kesiapan siswa dalam memulai pelajaran. Perhatian
sebagian siswa terhadap guru cukup baik. Tetapi masih ada siswa yang masih
berbicara dengan temannya di luar materi pelajaran yang sedang dibahas.
2.
Kegiatan menjelaskan
pelajaran
Guru menjelaskan materi, dimana sebelumya guru
mengajak siswa untuk mengingat kembali materi sebelumnya yang terkait dengan materi saat itu. Guru
selanjutnya memberikan contoh soal mengenai materi yang telah dijelaskan. Setelah itu guru memberikan beberapa latihan
yang dikerjakan siswa bergantian ke depan kelas.
3.
Kegiatan menutup
pelajaran
Guru menyimpulkan materi pelajaran saat itu dan
memberikan tugas rumah.
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "BAB II : LAPORAN OBSERVASI PLK PPG SM-3T SMA N 13 PADANG"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr