BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Program Pengalaman lapangan kependidikan (PLK) pada
program pendidikan Profesi Guru SM-3T adalah kegiatan akademik yang dilakukan
peserta yang akan menjadi guru. Kegiatan ini hanya boleh diikuti oleh peserta
yang telah lulus dari program S-1 atau D-4 dan lolos seleksi untuk menjadi
guru. Pelaksanaan PLK-PPG SM-3T ini dilaksanakan di sekolah (SMA) yang ditunjuk
sebagai sekolah mitra.
PLK SM-3T bertujuan untuk memberi pengalaman nyata kepada
peserta agar dapat merasakan dan menjiwai tugas-tugas pendidik disekolah.
Diharapkan setelah menyelesaikan PLK, peserta memiliki kompetensi pendidik
(Kompetensi pedagogik, profesionalisme, kepribadian, dan sosial).
Agar peserta mendapat pengalaman yang lengkap sebagai
pendidik dan tenaga kependidikan, peserta PLK PPG SM-3T harus melaksanakan
kegiatan pembelajaran (teaching) dan di luar pembelajaran (nonteaching). Kegiatan pemeblajaran
adalah kegiatan belajar dan pembelajaran. Peserta PLK PPG SM-3T melakukan
kegiatan sebagaimana pendidik profesional melaksanakan pembelajaran dikelas.
Kegiatan mencakup kegiatan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, penilaian,
dan penelitian tindakan kelas. Sedangkan kegiatan nonteaching adalah kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan
sekolah serta pembinaan minat dan bakat peserta didik.
Kegiatan PLK
dilaksanakan selama 1 semester
akademik. Mahasiswa PPG SM-3T dipersiapkan
untuk menjadi para tenaga pengajar di sekolah dan berbagai lembaga pelatihan.
Oleh karena itu, selama mengikuti pendidikan mahasiswa dibekali dengan berbagai
ilmu dan keterampilan di bidang kependidikan. Selama berada di sekolah, mahasiswa tersebut dituntut untuk mengajar mata
pelajaran tertentu sesuai dengan
konsentrasi yang dipilih dan aplikasi
dari ilmu kependidikan yang telah dipelajari.
Pada
awal pelaksanaan PLK, mahasiswa PPG SM-3T
melakukan pengamatan bagaimana cara guru pamongnya mengajar dan dia juga harus
melakukan observasi tentang keadaan sekolah yang disebut dengan observasi
pengenalan lapangan. Observasi pengenalan lapangan adalah melakukan pengamatan
maupun mencari informasi tentang keadaan sekolah yang meliputi keadaan fisik
sekolah, sarana dan prasarana yang tersedia, data guru atau data pegawai,
keadaan lingkungan sekolah, fasilitas sekolah, interaksi sekolah, pelaksanaan
tata tertib sekolah tempat mahasiswa tersebut melakukan PLK PPG SM-3T. Melalui observasi
pengenalan lapangan ini, diharapkan
mahasiswa mampu beradaptasi dengan sekolah yang baru saja ditempati dan
sebagai pertimbangan dalam menentukan berbagai langkah serta program pengajaran
yang akan dilaksanakan sesuai dengan kondisi sekolah. Oleh karena itu, laporan
observasi ini akan menggambarkan berbagai hal tentang sekolah sesuai dengan
batasan dalam ruang lingkup pengamatan yang ditentukan.
Pada
PLK PPG SM-3T Semester Ganjil Juli
– Desember 2013 Tahun
Pelajaran 2013/2014, penulis ditempatkan di
SMA Negeri 13 Padang. Jumlah mahasiswa
PLK PPG SM-3T yang ditempatkan di SMA Negeri 13 Padang sebanyak 4 orang yang terdiri dari:
·
2
orang mahasiswa jurusan Biologi
·
2
orang mahasiswa jurusan Matematika
B. Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang sudah dikemukakan sebelumnya, maka pada
laporan ini penulis hanya membahas tentang keadaan fisik sekolah, keadaan lingkungan sekolah,
fasilitas sekolah, keadaan guru dan siswa, interaksi sosial, tata tertib
sekolah, dan kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 13
Padang.
C.
Tujuan Penulisan
Tujuan
dari penulisan kegiatan observasi ini adalah :
1.
Sebagai informasi bagi
dosen pembimbing dan semua pihak yang berkaitan dengan program PLK PPG SM-3T dan tentang kondisi
sekolah tempat mahasiswa melaksanakan Pengalaman
Lapangan Kependidikan (PLK).
2.
Mengetahui bagaimana proses pembelajaran di kelas yang
dilakukan guru.
3.
Mengetahui
kondisi lingkungan fisik yang ada di sekolah tempat penulis melakukan Pengalaman Lapangan Kependidikan
(PLK).
4.
Sebagai dasar bagi
mahasiswa dalam merancang berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan di sekolah.
5.
Sebagai media bagi
mahasiswa dalam upaya berkonsultasi dengan guru pamong dalam hal penentuan
rencana pengajaran.
6.
Mempermudah mahasiswa
dalam menentukan berbagai langkah strategis baik selama mengajar di lokal kelas
maupun ketika berinteraksi dengan berbagai elemen dan komponen sekolah.
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "BAB I : LAPORAN OBSERVASI PLK PPG SM-3T SMA N 13 PADANG"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr