loading...

Sistem Peredaran Darah pada Burung

loading...
Loading...

Jantung burung terdiri dari 4 ruang, yaitu 2 serambi dan 2 bilik. Sistem peredaran darahnya adalah ganda dan tertutup. Sistem peredaran darah ganda artinya dalam satu kali beredar darah melalui jantung 2 kail. Sistem peredara darah tertutup artinya peredaran darahnya selalu di dalam pembuluh darah.
Darah yang kaya oksigen dipompa dari bilik kiri menuju seluruh tubuh melalui aorta. Di sel- sel tubuh oksigen dibebaskan, namun karbondioksida diikat. Darah yang menjadi miskin oksigen namun kaya karbondioksida ini mengalir melalui vena menuju serambi kanan dan masuk bilik kanan. Peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh lalu kembali ke jantung  ini disebut peredaran darah besar.
Dari bilik kanan, darah miskin O2, namun kaya CO2 dipompa agar mengalir ke paru-paru. Di paru-paru CO2 dilepaskan dan O2 diikat. Darah dari paru-paru yang telah kaya O2 masuk ke jantung lagi melalui serambi kiri. Dari serambi kiri darah masuk ke bilik kiri. Peredaran darah dari jantung menuju paru-paru kembali ke jantung disebut peredaran darah kecil [Pustaka Pandani].
loading...

0 Response to "Sistem Peredaran Darah pada Burung"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

Loading...