PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pengertian Membran Plasma


Membran plasma merupakan penutup luar (external covering) dari sel tanaman dan hewan atau mikrorganisme lainnya. Sifatnya hidup, elastis, tipis, berpori, semi permeabel dan  pelindung sel. Membran plasma membatasi sitoplasma dengan lingkungan luar, membran plasma juga mengatur keluar masuknya material yang tidak diinginkan. Dengan sifat permeabelnya membran plasma dapat menyeleksi material yang diperlukan.  Membran plasma disebut juga sebagai membran sitoplasma, membran sel dan plasmalema, tetapi pada modern sitologi nama yang digunakan adalah membran plasma.
Fungsi utama dari membran plasma selain melindungi sitoplasma juga sebagai “mechanical support” dan merupakan  bentuk eksternal dari protoplasma (sitoplasma dan nukleus). Membran plasma juga berfungsi mengontrol keluar masuknya substansi dan menyeleksi material tertentu baik dari dalam atau luar sel. Membran plasma terdiri dari outer dan inner layer protein dan bagian tengahnya merupakan lapisan lipid. Pada membran plasma juga terdapat pori  untuk pertukaran molekul.

Struktur Membran Plasma
Komponen penyusun membran plasma terdiri dari: karbohidrat, lipid dan protein, dan pada awalnya membran plasma sukar  diamati. Adanya sifat semisolid  dan  sifat permeabilitas pada membran plasma akhirnya dapat diduga karena adanya proses “swelling”  (gelembung ) setelah sel ditempatkan pada larutan yang hipotonik, dan adanya “barrier” (sifat selektif terhadap ion ) dari membran. Ada kesimpulan protein dan lipid yang terdapat pada membran plasma dapat terpengaruh oleh kondisi yang ada. Teori tentang lipid bilayer didukung oleh pengukuran elektrik yang menunjukkan tingginya impendance dari membran plasma yang ditunjukkan  oleh kenyataan bahwa ion-ion tidak mudah melewatinya. Elastisitas dari membran dapat disebabkan oleh karena adanya protein pada membran tersebut.
Komponen penyusun membran terdiri dari :
a.   Karbohidrat
Karbohidrat terdapat dalam bentuk oligo sakarida dalam jumlah kecil yang  menempel pada lipid dan disebut sebagai glikolipid dan yang menempel pada protein disebut sebagai gliko protein
Karbohidrat  yang ada pada membrane pada tiap sel dapat bervariasi misalnya pada membran plasma eritrosit dan sel liver adalah dalam bentuk  heksose, asam sialik dalam bentuk gangliosida .
b.   Lipid
Merupakan komponen penyusun lain dari membran plasma, dan  molekul lipid terdiri dari  dua bagian  :
 1. Head yang merupakan kepala  terdiri dari gliserol yang mempunyai sifat “water soluble” dan hidrofilik.
      2.  Tail  merupakan bagian  ekor  terdiri dari asam lemak memiliki sifat yang
  hidropobik.
Lipid yang ada pada membran sel juga bisa berbeda tergantung pada selnya  misalnya sel ghost dari mamalia terdiri dari  asam lemak  seperti  asam palmitat, stearat, oleat, linoleat dan lain-lain.
c.   Protein

merupakan bagian yang paling signifikan yang terdapat pada suatu membran yang fungsinya tidak hanya sebagai mekanikal struktur tetapi juga  sebagai pembawa (carrier) atau “channel” yang melayani transport. Peran lain dari protein yang ada pada membran adalah dalam pengaturan pengenalan sifat (ligand recognition properties), antigen dan juga berperan sebagai molekul reseptor.   [Pustaka Pandani]. 

0 Response to "Pengertian Membran Plasma"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr