PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Organ-Organ dalam Peredaran Darah

Organ peredaran darah pada manusia terdiri atas darah (telah dibahas di awal), jantung (sebagai alat pemompa darah) dan pembuluh darah (saluran untuk mengalirkan darah  ke seluruh tubuh).

1.      Jantung
Jantung terletak di dalam rongga dada agak ke sebelah kiri. Ukuran jantung kira-kira sebesar kepalan tangan. Jantung manusia berongga dan terbagi menjadi 4 ruang, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri.

Otot jantung mampu berkontraksi sehingga jantung dapat mengembang dan mengempis. Mengembang dan mengempis serambi dan bilik terjadi secara bergantian. Kontraksi jantung menimbulkan denyutan yang dapat dirasakan pada pembuluhan nadi dibeberapa tempat.

Jantung

2.      Pembuluh Darah
Darah kita berada di dalam pembuluh darah. Berdasarkan fungsinya, pembuluh darah dibedakan atas pembuluh nadi atau arteri dan pembuluh balik atau vena. Penghubung antara arteri dan vena adalah pembuluh kapiler.
            Jantung memiliki pembuluh darah yang menuju atau keluar dari jantung. Pembuluh darah yang menuju atau keluar dari jantung adalah :
  • vena cava, yang mengalirkan darah dari seluruh tubuh, vena cava bermuara pada serambi kanan. 
  • arteri pulmonalis, yang mengalirkan darah dari bilik kanan menuju ke paru-paru, darahnya banyak mengadung karbon dioksida. 
  • vena pulmonalis, yang mengalirkan darah dari paru-paru menuju ke serambi kiri, darahnya banyak mengandung oksigen. 
  • aorta, yang mengalirkan darah dari bilik kiri menuju ke seluruh tubuh. 
  • arteri koroner, yaitu pembuluh darah dari bilik menuju ke jantung.


0 Response to "Organ-Organ dalam Peredaran Darah"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr