PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

MENENTUKAN LINTASAN TERPENDEK MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA DARI KAMPUS UNIB KE SIMPANG RS M YUNUS JALAN RAYA KOTA BENGKULU

Oleh : Dra Hanifah, M.Kom *)
Program Studi : Teknik Informatika FT UNIB


ABSTRAK

            Penelitian dengan judul Menentukan Lintasan Terpendek Menggunakan Algoritma Dijkstra dari Kampus UNIB ke Simpang RS M YUNUS Jalan Raya Kota Bengkulu bertujuan untuk  mengetahui jalan-jalan apa saja yang akan dilewati agar jarak yang ditempuh dari Kampus UNIB ke Simpang RS M YUNUS sekecil mungkin. Sebelum menentukan lintasan terpendek jalan raya di kota Bengkulu, maka jalan-jalan raya yang ada dikota Bengkulu dimodelkan atau digambarkan terlebih dahulu ke dalam  graf . Persimpangan jalan dijadikan simpul, jalan antara simpang dijadikan busur / sisi, dengan jarak antar simpang sebagai bobotnya. Untuk menentukan lintasan terpendek jalan raya dikota Bengkulu digunakan Algoritma Dijkstra dengan langkah sebagai berikut:
Langkah 0 (inisialisasi):  inisialisasi Si = 0 dan di = mv1i untuk i = 1,2, …, n
Langkah 1: isi Sv1 dengan 1 (karena simpul v1 adalah simpul asal lintasan terpendek, jadi sudah pasti terpilih).isi dv1 dengan  ∞ (tidak ada lintasan terpendek dari simpul v1 ke v1)
Langkah 2,3, …, n-1:-cari j sedemikian sehingga Sj = 0 dan dj = min { d1, d2, …, dn). Isi Sij dengan 1.Perbarui di, untuk I = 1,2,3,…,n dengan: di(baru) = min {d,(lama), dj + mji. mij = bobot busur (i,j), mii = 0, mij = ∞ jika tidak ada busur dari simpul i ke simpul j.
 Si = 1, jika simpul i termasuk ke dalam lintasan terpendek
 Si = 0, jika simpul i tidak termasuk ke dalam lintasan terpendek
 D = [di] , dimana di = panjang lintasan dari simpul awal ke simpul i
Dari hasil perhitungan dengan menggunakan Algoritma Dijsktra di dapat jarak terpendek dari Kampus UNIB ke Simpang RS M YUNUS adalah 11600 m dengan lintasan sebagai berikut (Pada gambar 2 graf hasilnya adalah lintasan yang busurnya ditebalkan):

Kampus UNIB → Simpang Kampung Bali → Simpang Suka Merindu → Simpang  Jam → Simpang GOR → Simpang Panorama → Simpang Terminal Panorama → Simpang SLB  →  simpang RS M Yunus





Link:

 

0 Response to "MENENTUKAN LINTASAN TERPENDEK MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA DARI KAMPUS UNIB KE SIMPANG RS M YUNUS JALAN RAYA KOTA BENGKULU"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr