No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Esensial
|
|
1.
|
Memahami materi ajar sejarah sesuai dengan kurikulum
|
1.1 Menganalisis kehidupan awal manusia Indonesia di bidang
kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, politik dan teknologi serta pengaruhnya
dalam kehidupan masa kini
|
1.1.1
Mendeskripsikan berbagai peninggalan kehidupan masyarakat pra aksara di Indonesia.
|
|
1.1.2
Membedakan jenis manusia masa pra aksara di Indonesia.
|
||||
1.1.3
Menjelaskan sistem sosial ekonomi masa pra
aksara di Indonesia.
|
||||
1.1.4
Mengidentifikasi ciri-ciri kepercayaan, sosial, budaya, dan ekonomi manusia pra aksara
|
||||
1.1.5
Menjelaskan hasil kebudayaan masa pra aksara di Indonesia
|
||||
1.1.6
Menjelaskan pola migrasi manusia masa pra aksara di Indonesia
|
||||
1.2 Menganalisi
sistem pemerintahan, sosial, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada
masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha untuk menentukan faktor yang berpengaruh
pada kehidupan masyarakat Indonesia pada masa itu dan masa kini
|
1.2.1
Menjelaskan proses masuknya pengaruh Hindu-Buddha ke
Indonesia
|
|||
1.2.2
Menjelaskan perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
|
||||
1.2.3
Menjelaskan sistem pemerintahan, kehidupan sosial,
kebudayaan, dan politik kerajaan bercorak Hindu-Buddha
di Indonesia.
|
||||
1.2.4
Menjelaskan hasil-hasil budaya masa Hindu-Buddha di Indonesia.
|
||||
1.2.5 Menjelaskan akulturasi budaya
Hindu-Buddha dengan budaya asli Indonesia
|
||||
1.3 Menganalisis sistem pemerintahan, sosial,
ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan
Islam untuk menentukan faktor yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat
Indonesia pada masa itu dan masa kini
|
1.3.1 Menjelaskan proses masuknya
Islam ke Indonesia
|
|||
1.3.2 Menjelaskan bukti-bukti masuknya Islam
di Indonesia
|
||||
1.3.3 Menjelaskan
perkembangan
kerajaan-kerajaan bercorak Islam di Indonesia
|
||||
1.3.4 Menjelaskan akulturasi
budaya antara budaya Islam dengan budaya
Hindu-Buddha
|
||||
1.3.5 Menjelaskan hasil-hasil budaya masa Islam di Indonesia
|
||||
1.4 Menganalisis keterkaitan antara peristiwa-peristiwa di
Eropa, Revolusi Besar Dunia, Perang Dunia dan pengaruh imprealisme Barat di
Indonesia dalam bidang politik, ekonomi, sosial-budaya, pendidikan, dan agama
serta perlawanan Indonesia terhadap imperealisme dan kolonialisme Barat
|
1.4.1
Menjelaskan peristiwa-peristiwa penting di Eropa (Merkantilisme,
Renaissance, Reformasi Gereja, Revolusi Industri yang berpengaruh bagi
kehidupan bangsa Indonesia
|
|||
1.4.2
Menganalisis revolusi-revolusi besar
dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia)
dan pengaruhnya bagi Indonesia
|
||||
1.4.3
Menganalisis hubungan
perkembangan paham-paham besar seperti Nasionalisme, Liberalisme, Sosialisme,
Demokrasi dan Pan Islamisme dengan pergerakan nasional Indonesia
|
||||
1.4.4
Menganalisis pengaruh Perang Dunia I dan Perang Dunia II terhadap
kehidupan politik, sosial-ekonomi di Indonesia
|
||||
1.4.5 Menjelaskan masuk dan berkembangnya kekuasaan bangsa Barat ke
Indonesia
|
||||
1.4.6 Menjelaskan perlawanan Bangsa Indonesia terhadap Kolonial
Belanda
|
||||
1.4.7 Menjelaskan
taktik dan strategi pemerintah kolonial Belanda untuk
menguasai Indonesia
|
||||
1.4.8 Mengidentifikasi
ciri-ciri imperealisme Barat di Indonesia
|
||||
1.4.9 Menjelaskan
sistem pemerintahan yang diterapkan oleh kolonial Belanda di Indonesia
|
||||
1.5 Menganalisis kehidupan sosial, ekonomi, budaya,
militer, dan pendidikan di Indonesia
sejak masa pergerakan nasional Indonesia hingga zaman pendudukan
Jepang
|
1.5.1 Menjelaskan latar belakang
munculnya pergerakan
nasional Indonesia
|
|||
1.5.2
Menjelaskan
perkembangan pergerakan nasional Indonesia
|
||||
1.5.3 Menguraikan dampak pergerakan nasional Indonesia dan kondisi
sosial-budaya dan ekonomi pada masa pergerakan nasional Indonesia.
|
||||
1.5.4 menjelaskan perkembangan
organisiasi-organisasi masa pergerakan nasional
Indonesia
|
||||
1.5.5 Menjelaskan
latar belakang pendudukan Jepang di Indonesia
1.5.6
Menjelaskan proses pendudukan Jepang di Indonesia
|
||||
1.5.7
Menguraikan dampak pendudukan Jepang di Indonesia
|
||||
1.6
Menganalisis
peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi
kehidupan berbangsa dan bernegara hingga usaha-usaha mempertahankan
kemerdekaan Republik Indonesia
|
1.6.1 Menjelaskan peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
|
|||
1.6.2
Menjelaskan
proses terbentuknya
NKRI beserta kelengkapannya
|
||||
1.6.3
Menjelaskan
usaha-usaha untuk mempertahankan kemerdekaan
bangsa Indonesia
|
||||
1.7. Memahami Sejarah Dunia pada Masa Perang
Dingin dan perubahan politik global.
|
1.7.1 Mengevaluasi dampak perkembangan Dunia
dan Perang Dingin terhadap kehidupan politik dan ekonomi global
|
|||
1.7.2 Mengevaluasi sejarah organisasi global
dan regional
|
||||
1.7.3 Menjelaskan sebab-sebab runtuhnya Pakta
Warsawa, proses Jerman Bersatu, dan terjadinya Perang Teluk
|
||||
1.8 Menganalisis perjuangan mempertahankan integritas
Negara Republik Indonesia
|
1.8.1 Menjelaskan
ancaman terhadap terhadap keutuhan NKRI
dan tragedi Nasional
|
|||
1.9.
Menganalisis Kondisi Bangsa Indonesia di Masa Demokrasi Liberal dan
Terpimpin
|
1.9.1
Menjelaskan pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
terhadap perkembangan politik, ekonomi, sosial-budaya dan pendidikan bangsa
Indonesia
|
|||
1.10
Menganalisis kehidupan Bangsa Indonesia di Masa Orde Baru dan Reformasi
|
1.10.1
Menganalisis perkembangan politik, sosial-budaya dan pendidikan pada
masa Orde Baru
|
|||
1.10.2
Menjelaskan situasi dan kondisi menjelang berakhirnya Orde Baru
|
||||
1.10.2 Menjelaskan
proses kemunculan masa Reformasi
|
||||
1.11. Menganalisis Kondisi Indonesia dan Dunia
pada Masa Revolusi Teknologi Abad ke-20
|
1.11.1
Menjelaskan kondisi IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi
manusia
|
|||
1.11.2
menguraikan perkembangan Revolusi Hijau di Indonesia
|
||||
2.
|
Memahami struktur,
konsep, dan metode
keilmuan sejarah,
dan
ilmu-ilmu bantu yang koheren dengan materi ajar
|
2.1 Menjelaskan struktur, konsep dan metode ilmu sejarah
|
2.1.1
Menjelaskan keterkaitan konsep manusia dalam
ruang dan waktu, perubahan, dan keberlanjutan
|
|
2.1.2 Mengidentifikasi
unsur-unsur sejarah
sebagai ilmu
|
||||
2.1.3 Mendeskripsikan ruang lingkup kajian sejarah dan langkah-langkah dalam penelitian
sejarah.
|
||||
2.1.4 Mengidentifikasi sumber-sumber sejarah
|
||||
2.1.5 Merumuskan
fakta-fakta sejarah
|
||||
2.1.6 Memahami dan menerapkan
metode sejarah
dalam penelitian sejarah
|
||||
2.1.7 Kemampuan meneliti dan menulis sejarah berdasarkan tahap- tahap penulisan
sejarah
|
||||
2.1.8 Mengidentifikasi ilmu-ilmu bantu dalam sejarah
|
||||
2.1.9 Menerapkan konsep-konsep
ilmu sosial dalam merekonstruksi
peristiwa sejarah
|
||||
2.2 Memahami hubungan
konsep antar mata
pelajaran
terkait
|
2.2.1 Mengidentifikasi
ilmu-ilmu lain
yang relevan dalam
kajian sejarah.
|
|||
2.2.2 Mengaitkan ilmu-ilmu lain yang relevan dalam mengembangkan pendekatan multidimensional
|
||||
2.3 Menerapkan konsep-
konsep
keilmuan dalam kehidupan
sehari-hari
|
2.3.1 Mengidentifikasi
dan menerapkan nilai-nilai
sejarah dalam kehidupan
sehari-hari
|
|||
2.3.2 Menjelaskan
kegunaan sejarah
dalam kehidupan sehari-
hari
|
Link:
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "KISI-KISI SOAL UK PPG SM3T PRODI PENDIDIKAN SEJARAH"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr