No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Esensial
|
1.
|
Pemantapan
dan Pengembangan Perangkat Asesmen untuk Pemahaman Individu
|
Kemampuan
merancang instrumen asesmen siswa dan lingkungan
|
·
Mendeskripsikan kedudukan asesmen
kebutuhan bagi program BK
·
Merumuskan instrumen asesmen untuk keperluan bimbingan dan konseling
sesuai dengan kaidah-kaidah pengukuran
·
Mengembangkan item instrumen
asesmen untuk keperluan bimbingan dan konseling
·
Menguji validitas dan reliabilitas item instrumen asesmen untuk keperluan
bimbingan dan konseling
·
Memilih teknik asesmen
pengungkapan kemampuan dasar
·
Memilih instrumen asesmen kecenderungan pribadi konseli.
·
Menentukan instrumen yang
tepat untuk mengungkapkan kondisi aktual konseli berkaitan dengan
lingkungan
|
2.
|
Pemantapan
dan Pengembangan Program dan Sistem Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling
|
·
Kemampuan pemanfaatan hasil asesmen dalam menyusun perencanaan
program bimbingan dan konseling komprehensif
|
·
Mengkategorisasi hasil asesmen
·
Menghubungan hasil asesmen dengan
bidang bimbingan pribadi-sosial, pendidikan dan karir
·
Merancang pelaksanaan program bimbingan dan konseling
·
Menerapkan pendekatan kolaboratif dalam pelayanan bimbingan dan
konseling.
·
Mengembangkan bidang
akademis
·
Mengembangkan bidang karier
·
Mengebangkan bidang
kehidupan pribadi-sosial
|
·
Kemampuan merancang alat evaluasi pelayanan bimbingan dan
konseling (konseling individual, konseling kelompok, bimbingan kelompok,
bimbingan klasikal)
|
·
Mengevaluasi hasil pelayanan bimbingan dan
konseling
·
Mengkategorisasi
alat evaluasi pelayanan bimbingan dan konseling
·
Menyeleksi
jenis pendekatan konseling yang relevan dengan karakteristik problem
·
Menunjukkan
tahapan perubahan dalam konseling
·
Mendeskripsikan
tahap-tahap konseling kelompok
·
Menganalisis
proses bimbingan kelompok
·
Memodifikasi
layanan bimbingan klasikal
|
||
3.
|
Pemantapan
dan Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling
|
Kemampuan
mengembangkan media grafis dan/atau elektronik
|
·
Pengembangan
bahan/materi berdasar analisis kebutuhan
·
Mengidentifikasi
media pelayanan bimbingan dan konseling
·
Mengkonstruksi
media grafis sebagai pelayanan bimbingan dan konseling
·
Mengkonstruksi
media elektronik sebagai pelayanan bimbingan dan konseling
|
4.
|
Penyusunan
dan Seminar Proposal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling
|
Kemampuan
menyusun perencanaan Penelitian Tindakan atau studi kasus
|
·
Menganalisis berbagai jenis dan metode penelitian dalam BK
·
Mendefinisikan masalah penelitian
·
Menetapkan
pendekatan penelitian sesuai dengan problematika
·
Memberi contoh penelitian tindakan
dalam BK
·
Memberi contoh studi kasus
·
Menganalisis
hasil penelitian sebelumnya untuk merancang penelitian
·
Merancang
perangkat instrumen dan prosedur penelitiannya
|
5.
|
Pemantapan
dan Pengembangan Program Konseling
Individual dan Kelompok
|
·
Kemampuan menyusun ancangan konseling individual
|
·
Menjelaskan
prinsip-prinsip praktek konseling individual
·
Mengimplementasi
tahapan dalam konseling
·
Mengaplikasikan
penguasaan keterampilan konseling
·
Mengimplementasikan keterampilan komunikasi yang
berakar dari motif altruistik dan mind
competence yang tepat
·
Menerapkan
rancangan konseling individual ; humanistik, behavioristik, kognitif dan
postmodern
·
Menganalisis
permasalahan praktek konseling individual
|
·
Kemampuan menyusun ancangan konseling kelompok
|
·
Menjelaskan
prinsip-prinsip praktek konseling kelompok
·
Mengimplementasi
dinamika kelompok
·
Menguasai
fase konseling kelompok
·
Menerapkan
teknik konseling kelompok
·
Menentukan
desain konseling kelompok sesuai karakteristik kelompok dan problematika
·
Merancang
kegiatan bimbingan kelompok berdasarkan need assessment (bidang pribadi,
sosial, belajar, karir)
·
Berlatih
menerapkan konseling kelompok dalam membantu konseli mencapai perubahan
perilaku bermakna dalam kehidupannya
|
||
6.
|
Pemantapan
dan Pengembangan Program Bimbingan
Kelompok
|
Kemampuan
menyusun perencanaan bimbingan kelompok
|
·
Menjelaskan prinsip-prinsip praktek bimbingan kelompok
·
Merancang
kegiatan bimbingan kelompok berdasarkan need assessment (bidang pribadi,
sosial, belajar, karir)
·
Menerapkan
konseling kelompok dalam membantu konseli mencapai perubahan perilaku
bermakna dalam kehidupannya
·
Melaporkan
hasil kegiatan konseling kelompok
·
Membuat laporan bimbingan kelompok
|
7.
|
Pemantapan
dan Pengembangan Program Bimbingan
Klasikal
|
Kemampuan
menyusun perencanaan bimbingan klasikal
|
·
Merancang
kegiatan bimbingan klasikal berdasarkan hasil need assessment (bimbingan pribadi, social, belajar, karir)
·
Menentukan
aspek perkembangan yang sesuai dengan jenjang peserta didik
·
Menentukan
kompetensi dan indikator aspek perkembangan
·
Mengidentifikasi tema-tema bimbingan klasikal (bidang
pribadi, sosial, belajar, karir)
·
Mengembangkan
materi berdasarkan tema-tema bimbingan klasikal (bidang pribadi, sosial, belajar, karir) dengan
referensi yang baik dan sesuai
·
Menentukan
teknik-teknik bimbingan klasikal yang relevan dengan aspek perkembangan
·
Menentukan
media bimbingan klasikal yang relevan dengan aspek perkembangan
·
Menentukan
evaluasi yang tepat
|
Link:
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "KISI-KISI SOAL UK PPG SM3T PRODI BIMBINGAN KONSELING"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr