loading...

Cara Pencegahan Gangguan, Kelainan dan Penyakit pada Sistem Peredaran Darah Manusia

loading...
Loading...

Setelah Anda mengetahui tentang beberapa gangguan yang terjadi pada alat peredaran darah, maka Anda harus berusaha mengantisipasi agar tidak mengalami gangguan-gangguan seperti itu. Beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk mencegah gangguan itu adalah sebagai berikut.
1. Bila suatu saat kita mendapat luka terbuka, usahakan darah tidak terus mengalir. Jika terjadi kekurangan darah yang berat, harus segera diberikan penambahan darah melalui transfusi darah.
2. Membiasakan olahraga secara teratur. Olahraga secara teratur bisa melancarkan peredaran darah. Cara ini berguna untuk mencegah beberapa penyakit, seperti varises, hipotensi, dan hipertensi.
3. Sering mengkonsumsi makanan yang berserat seperti buah-buahan,sayur-sayuran serta biji-bijian untuk melancarkan buang air besar. Sulit buang air besar merupakan salah satu faktor pencetus wasir.
4. Hindari kebiasaan menahan buang air besar, karena dapat menyebabkan tinja menjadi keras. Tinja yang keras dapat memecahkan pembuluh vena, sehingga mengakibatkan wasir.
5. Kurangi mengonsumsi makanan yang berlemak untuk mencegah penyakit jantung koroner, berpola pikir positif, menghindari tekanan batin dan stres, karena ini akan memicu serangan jantung.
6. Mengimbangi kesehatan jasmani dengan kesehatan rohani, misalnya dengan beribadah sesuai ajaran agama yang dianut dan menerapkan ajaran agama dengan baik serta terbiasa berpola pikir positif.  [Pustaka Pandani]. 
loading...

0 Response to "Cara Pencegahan Gangguan, Kelainan dan Penyakit pada Sistem Peredaran Darah Manusia"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

Loading...