Oleh:
Yomi Ramadhona, S.Pd
(Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Program Pasca Sarjana UNP)
Abstrak
Pendidikan
karakter sebagai upaya membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat
bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai yang baik kepada siswa melalui
pendidikan. Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat berperan
dalam pendidikan karakter dengan menanamkan nilai-nilai moral dan akhlak mulia
pada proses pembelajarannya. Mata pelajaran fisika perlu diberikan kepada semua siswa
di Sekolah Menengah Atas untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis,
analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta berkemampuan bekerja sama. Makalah
ini bertujuan untuk memberikan alternatif metode pembelajaran bagi para guru
dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran fisika di kelas. Diharapkan
dengan pembelajaran alternatif dalam proses pembelajaran fisika, dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan
prestasi belajar fisika siswa. Oleh karena itu diperlukan cara alternatif untuk
menyempurnakan pendekatan tersebut. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan
menggunakan multimedia pembelajaran. Komputer dan CD interaktif yang berisikan
materi pembelajaran cukup memadai untuk mengurangi hambatan yang muncul pada
proses pembelajaran. Diharapkan dengan adanya penggunaan multimedia sebagai
alat bantu akan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga prestasi
belajar meningkat secara optimal.
Kata kunci : Pendidikan karakter, pembelajaran
fisika, pembelajaran berbasis multimedia
Sumber:
0 Response to "SIKAP MANDIRI DAN KREATIF MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN FISIKA"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr