PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE (SIKLUS BELAJAR) 5E UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA RSBI PADA KOMPETENSI GAYA PEGAS DAN GERAK HARMONIK DI SMAN 1 TILATANG KAMANG

Widia  Ningsih
Staff Pengajar SMAN 1 Tilatang Kamang, Kab. Agam



ABSTRAK

Telah dilakukan Penelitian  Tindakan Kelas guna  mengetahui  penerapan model siklus belajar (learning cycle) 5E untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar  Fisika siswa kelas XI IPA  RSBI pada kompetensi Gaya Pegas  dan Getaran Harmonik di SMAN 1 Tilatang  Kamang Tahun  Pelajaran 2011 / 2012.  Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran fisika di kelas X SMA Negeri I Tilatang  Kamang selalu menggunakan pembelajaran konvesional (teacher center) yaitu metode ceramah, tidak biasa siswa melakukan kegiatan praktikum, kegiatan diskusi kelompok hampir tidak pernah dilakukan, guru sangat mendominasi proses pembelajaran. Guru jarang mengajak siswa praktikum, siswa hanya mencatat penjelasan guru dan menghafal konsep. Hal ini mengindikasikan bahwa upaya menumbuhkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik masih rendah.  Salah satu upaya untuk menumbuhkan aktivitasi dan hasil belajar peserta didik adalah melalui model siklus belajar (learning cycle) 5E. Model pembelajaran model silkus belajar 5E memiliki 5 tahapan, yaitu Enggage, Eksplorasi, Eksplain,  Elaborasi dan Evaluasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.  Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Observasi peningkatan aktivitas dan hasil  belajar fisika siswa dan dan instrumen pembelajaran yang digunakan meliputi: lembar pengamatan aktivitas siswa, penilaian kinerja, aspek sikap ilmiah siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa, penerapan pembelajaran model siklus belajar 5E terlaksana dengan baik selama siklus I dan siklus II.  Ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Model LC 5E,  aktifitas belajar dan hasil belajar.



Sumber:
 

0 Response to "PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE (SIKLUS BELAJAR) 5E UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA RSBI PADA KOMPETENSI GAYA PEGAS DAN GERAK HARMONIK DI SMAN 1 TILATANG KAMANG"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr