PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Zuriati: "Pengaruh Penerapan Mind Map terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Padang tahun pelajaran 2010/2011".



 ABSRTAK

Pada kebanyakan proses pembelajaran masih didominasi oleh guru dan belum banyak melibatkan siswa. Ditambah dengan mata pelajaran yang banyak dengan jumlah materi pelajaran yang padat harus dipelajari siswa dalam waktu tertentu membuat siswa menjadi jenuh sehingga hasil belajar yang didapat siswa menjadi rendah dalam mata pelajaran biologi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dan menjadikan proses pembelajaran menarik yaitu dengan menerapkan mind map dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mind map terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA MAN 1 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi siswa kelas XI IPA MAN 1 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011. Populasi langsung dijadikan sampel karena hanya terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized control group posttest only design. Instrumen yang digunakan berupa seperangkat tes hasil belajar yang dilakukan diakhir penelitian dengan teknik analisis data uji t, dengan kriteria thitung > ttabel hipotesis diterima dan jika thitung < t tabel hipotesis ditolak.
Dari hasil analisis data didapatkan thitung 2,86 dan ttabel 1,9993, berarti hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan mind map terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA MAN 1 Padang pada tahun pelajaran 2010/2011.

0 Response to "Zuriati: "Pengaruh Penerapan Mind Map terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Padang tahun pelajaran 2010/2011"."

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr