PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Ganda Hijrah Selaras: "Pengaruh variasi anggota kelompok dan tempat duduk siswa dalam pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 5 padang".




ABSTRAK

Banyak permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Permasalahan dapat ditimbulkan karena pemilihan strategi pembelajaran yang kurang tepat dan proses pembelajaran yang membosankan serta interaksi antarsiswa yang monoton. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diberikan variasi dalam proses pembelajaran berupa variasi anggota kelompok dan posisi tempat duduk siswa dalam pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi anggota kelompok dan posisi tempat duduk siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 5 Padang Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 5 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas X7 sebagai kelas kontrol dan X6 sebagai kelas eksperimen. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t.


Berdasarkan hasil tes akhir, terdapat peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 72,05 daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 66,54. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa memvariasikan anggota kelompok dan posisi tempat duduk siswa dalam pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) berpengaruh positif berarti terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 5 Padang.

0 Response to "Ganda Hijrah Selaras: "Pengaruh variasi anggota kelompok dan tempat duduk siswa dalam pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 5 padang"."

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr