PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Struktur Kulit Manusia

1) Letak Kulit
  • Kulit merupakan lapisan terluar yang membungkus seluruh permukaan tubuh manusia
  • Sebagian besar kulit ditumbuhi rambut.
2) Struktur kulit

Kulit terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan kulit ari (epidermis), lapisan kulit jangat (dermis) dan lapisan hipodermis.

1. Epidermis

Epidermis terdiri atas beberapa lapis, yaitu:
  • Stratum korneum (lapisan tanduk). Stratum korneum merupakan lapisan kulit yang paling luar, tersusun dari sel-sel mati yang bersifat keras, tahan terhadap air, dan selalu mengelupas (deskuamasi). Lapisan ini akan mengalami pembaruan selama proses keratinisasi (pembentukan zat tanduk/keratin). 
  • Stratum lusidum. Stratum lusidum tersusun dari sel-sel yang tidak berinti dan berfungsi mengganti stratum korneum. 
  • Stratum granulosum. Stratum granulosum tersusun dari sel-sel yang berinti dan mengandung pigmen melanin. 
  • Stratum germinativum. Stratum germinativum tersusun dari sel-sel yang selalu membentuk sel-sel baru ke arah luar. 

2. Dermis

Dermis merupakan lapisan yang terletak di bawah epidermis. Lapisan yang biasa disebut janggat ini di dalamnya terdapat akar rambut, pembuluh darah, kelenjer dan saraf. Kelenjer yang terdapat di dalam lapisan ini adalah kelenjer keringat (glandula sudorifera) dan kelenjer minyak (glandula sebasea). Kelenjer keringat menghasilkan keringat yang didalamnya terlarut berbagai garam terutama NaCl. Di bawah dermis terdapat jaringan lemak atau lapisan hipodermis. Jaringan lemak berfungsi sebagai makanan cadangan, pelindung tubuh terhadap benturan, dan menahan panas tubuh.

3. Hipodermis

Hipodermis terletak di bawah dermis. Lapisan ini banyak mengandung lemak. Lemak berfungsi sebagai cadangan makanan, pelindung tubuh terhadap benturan, dan menahan panas tubuh.

0 Response to "Struktur Kulit Manusia"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr