PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Ikan Marang atau Ikan Ketang

Ikan Marang atau Ikan Ketang

Ikan ini dikenal oleh Masyarakat Pariaman dengan nama ikan "Marang". Ikan ini memiliki ciri khas berbadan pipih, bagian tubuhnya dipenuhi motif totol totol ataupun motif seperti sircle batik dan ciri yang paling dikenal oleh masyarakat adalah memiliki sirip atas yang beracun. Apabila terkena goresan atau tusukan sirip ikan ini, tubuh Kita akan merasa panas dingin. Bagi pemancing yang mendapat ikan ini harus hati-hati dengan siripnya.

Ikan ini banyak terdapat di perairan muara sungai dan ada juga yang hidup di ekosistem terumbu karang. Nama Ilmiah ikan ini adalah Scatophagus sp. dan masuk dalam keluarga Scatophagidae.

Makanan favorit dari ikan ini adalah lumut-lumut yang menempel dikarang dan bebatuan.  Ikan ini juga tergolong ikan petarung dengan sesama jenisnya. kuran Ikan ini bervariasi, mulai dari yang kecil sampai berukuran 1 kg. Di nusantara, ikan ini lebih terkenal dengan anama ikan ketang-ketang.
Ikan Marang atau Ikan Ketang
Ikan Marang atau Ikan Ketang

Ikan Marang atau Ikan Ketang

Ikan Marang atau Ikan Ketang

0 Response to "Ikan Marang atau Ikan Ketang"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr