PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

PTK Lengkap: "Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Kelompok Menggunakan Bahan Ajar "

Preview
Tinjauan Bahan Ajar

Menurut Sudjana (1989: 69), beberapa aspek yang perlu diperhatikan guru dalam merencanakan bahan ajar adalah bahan ajar sesuai dan menunjang tercapainya tujuan pembelajaran, Pembuatannya memperhatikan kesinambungan (kontinuitas).Bahan dari bahan ajar disesuaikan dari yang sederhana menjadi yang kompleks, dari yang mudah menjadi sulit dan dari yang konkrit menjadi yang abstrak. Pengaturan secara logis, sehingga memungkinkan siswa mengerti dan mema-hami dengan baik.


Menurut Soekartawi, dkk (1995: 47) hal-hal yang harus diperhatikan da-lam menyusun bahan ajar antara lain: (1) kekonsistenan pernyataan sasaran bela-jar dengan indikator pokok bahasan, (2) kelogisan dan kesistematisan skema hubungan antar pokok-pokok bahasan dan (3) kesesuaian pemilihan dan penataan pokok bahasan serta penetapan sasaran belajar dengan karakteristik siswa.

Menurut Sudjana (1989: 69), beberapa aspek yang perlu diperhatikan guru dalam merencanakan bahan ajar adalah bahan ajar sesuai dan menunjang tercapainya tujuan pembelajaran, Pembuatannya memperhatikan kesinambungan (kontinuitas).Bahan dari bahan ajar disesuaikan dari yang sederhana menjadi yang kompleks, dari yang mudah menjadi sulit dan dari yang konkrit menjadi yang abstrak. Pengaturan secara logis, sehingga memungkinkan siswa mengerti dan mema-hami dengan baik.

Masing-masing pelaku ini mempu-nyai persyaratan khusus untuk dapat menunjang keberhasilan komunikasi, antara lain:

1) Guru sebagai penyampai informasi atau komunikator, dituntut untuk mema-hami isi pesan dan menguasai kemampuan dan keterampilan untuk meng-encode pesan tersebut agar dapat ditafsirkan dengan baik oleh siswa. Kepercayaan siswa terhadap guru serta keterampilan guru dalam menyampai-kan pesan sangat menentukan keberhasilan komunikasi.

2) Siswa, sebagai penerima pesan atau komunikan, harus berkemampuan untuk memahami atau menafsirkan pesan. Kesadaran siswa bahwa pesan yang disampaikan dapat memenuhi kebutuhannya, serta perhatian terhadap pesan yang diterimanya merupakan kunci keberhasilan komunikasi.

3) Bahan ajar, dilihat sejauh mana kemenarikannya dan kesesuaiannya terhadap kebutuhan siswa. Hal ini sangat menentukan keberhasilan komunikasi. Demikian juga kualitas cara penyampaian, media yang dipakai, serta bentuk bahan ajar yang disampaikan merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar atau secara umum proses komunikasi ini. Dengan memperhatikan hal-hal di atas diharapkan guru dapat menyusun bahan ajar yang benar-benar dapat membantu dalam proses pembelajaran dan memudah-kan siswa memahami materi pembelajaran.

Soekartawi, dkk (1995: 53) menyatakan bahwa keberhasilan penggunaan dan penyampaian bahan ajar menyangkut tiga unsur penting, yaitu jalinan kerjasama antara guru, siswa dan informasi.

0 Response to "PTK Lengkap: "Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Kelompok Menggunakan Bahan Ajar ""

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr