PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Tiga Cara Perkuat Program SM3T


Sorong, - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan bahwa program Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T) akan terus diperkuat dengan menggunakan tiga cara. Hal itu diungkapkannya usai mengunjungi sekolah sasaran yang menjadi lokasi mengajar SM3T di Papua Barat, yaitu SD dan SMP Satu Atap (Satap) Ninjemor.



Pertama, Mendikbud mengatakan, Program SM3T dapat diperkuat dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memfasilitasi sekolah-sekolah yang ada di daerah 3T. "Pada hakekatnya yang bertanggung jawab secara langsung adalah kabupaten/kota. Tetapi pusat pun tidak bisa melepaskan diri. Oleh karena itu kerja sama dengan pemerintah daerah sangat penting," kata Mendikbud di Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (08/05/2014).

Cara kedua, lanjutnya, bekerja sama dengan para alumni perguruan tinggi yang berkenan menjadi relawan menjadi pengajar di daerah 3T. Ia mengatakan, jumlah peminat Program SM3T cukup besar. Setiap tahun jumlah peminatnya mencapai 8 hingga 9 ribu orang. Dari jumlah tersebut, pengajar SM3T yang diambil Kemdikbud sekitar 3 ribu orang untuk dikirim ke daerah 3T.


Cara ketiga, adalah dengan menyatukan Program SM3T yang nantinya akan menjadi guru, dengan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

"Bonus untuk SM3T ketika selesai dari tugasnya, mereka akan mendapatkan PPG. Sehingga dari situ diharapkan untuk benar-benar bisa menjadi guru. Saya sudah komunikasi dengan Menpan dan RB untuk memprioritaskan SM3T dan mengangkatnya menjadi CPNS melalui jalur tes, untuk dapat mengembangkan pendidikan di daerah 3T. Sehingga alumni-alumni dari SM3T dapat menjadi guru tetap di daerah 3T,” ujarnya.

Ia juga menuturkan, SM3T juga memiliki peran tambahan sebagai pengumpul data. Mereka dapat menyampaikan kebutuhan kelas, serta kondisi masyarakat tempat mereka mengabdi. Mereka juga diharapkan berperan dalam memajukan masyarakat di tempat tersebut, dan menyebarkan semangat nasionalisme merah putih.


Link Sumber: Kemdiknas

0 Response to "Tiga Cara Perkuat Program SM3T"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr