PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Ciri Sains

[foto: republika]
Untuk mengenal lebih jauh mengenai sains, kita harus mengetahui dan memahami ciri sains. Beberapa ciri sains tersebut adalah sebagai berikut:
a.     Objek kajiannya berupa benda-benda konkret.
Benda-benda konkret adalah benda-benda yang dapat ditangkap oleh alat-alat indra berupa benda padat, cair atau gas. Jika benda tersebut tidak dapat ditangkap oleh alat indra, maka dapat digunakan alat bantu. Contohnya, pengamatan terhadap virus dilakukan dengan menggunakan mikroskop electron dan bakteri dengan bantuan mikroskop cahaya.

b.    Mengembangkan pengalaman-pengalaman empiris.
Artinya, pemecahan masalah dilakukan berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dapat dirasakan oleh semua orang (pengalaman nyata).
c.       Menggunakan langkah-langkah sistematis.
Artinya, dalam proses pemecahan masalah digunakan langkah-langkah yang teratur (sistematis) sesuai dengan aturan-aturan yang sudah dibakukan. Langkah-langkah sistematis tersebut berlaku untuk setiap bidang kajian sains (biologi, fisika dan kimia) dengan hasil yang sama jika dilakukan pada situasi yang sama. Misalnya, seorang yang ingin membuktikannya bahwa fotosintesis menghasilkan amilum, orang tersebut dapat membuktikannya dengan menggunakan langkah-langkah sistematis yang sama. Dengan demikian, tidak akan terjadi kebohongan ilmiah.
d.   Hasilnya bersifat objektif.
Artinya, temuan tersebut tidak dipengaruhi oleh subjektivitas pelaku eksperimen atau atas hasil pemesanan dari pihak lain yang sifatnya memihak. Sains hanya memihak kepada kebenaran yang bersifat ilmiah.
e.     Menggunakan cara berpikir logis.
Artinya, cara berpikir yang menggunakan logika akan mengikuti kontinuitas dalam berpikir.
f.     Hukum-hukum yang dihasilkan bersifat universal.

Artinya dilakukan di mana saja, oleh siapa saja, serta kapan saja, pada dasarnya akan mendapatkan hasil yang sama.

0 Response to "Ciri Sains"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr