PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pemeliharaan Mikroskop

Kebersihan mikroskop sebelum dan sesudah digunakan sangat penting karena adanya debu, kotoran atau bekas minyak, terutama pada lensa akan mengganggu pengamatan yang akan dilakukan. Tetapi untuk menggosok/membersihkan lensa tidak boleh menggunakan sembarang kain pembersih/lap. Gunakan kain flanel halus atau kertas pembersih lensa yang telah disediakan. Apabila tidak tersedia mintalah kepada laboran atau asisten. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah :
a.       Keluarkan mikroskop dari kotaknya dan letakkan diatas meja praktikum.
b.      Bersihkan bagian luar mikroskop dengan kain lap yang bersih.
c.       Bersihkan lensa okuler dan objektif dengan kain flanel atau kertas pembersih lensa  yang disediakan. Dengan melihat melalui  okuler atau tanpa aqda sediaan pada meja benda, uji apakah lensanya bersih.
d.      Hindarkan lensa terkena air atau zat kimia lainnya. Bila hal ini terjadi, segera bersihkan dengan pembersih lensa.
e.       Apabila pengamatan telah selesai, bersihkan lensa dan bagian luar mikroskop seperti pada waktu akan memakai.
f.       Sebelum dimasukkan kotak, lihat apakah di dalam kotak tersedia  bahan pengering (silica gel). Bila belum ada mintalah  kepada laboran atau asisten.

g.      Lemari tempat menyimpan mikroskop dianjurkan kering sehingga lensa mikroskop tidak berjamur. Untuk menkondisikan keadaan tersebut lemari mikroskop dapat diberi lampu pijar 20 wat denga jarak 75 cm. Lampu sebaiknya dinyalakan 24 jam.


Oleh:
Syamsurizal
BIOLOGI UMUM
FMIPA UNP 2008


Pustaka
  • Suhana, 1989. Teknik Mikroskopi. Jakarta: UI
  • Kimball,  John W. 1990. Biologi. Jilid 1. (Terjemahan Siti Soetarmi) hal. 59-108.  Jakarta:  Erlangga.
  • Issoegianti. 1993. Biologi Sel. Jakarta: Depdikbud.  

0 Response to "Pemeliharaan Mikroskop"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr