PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Kehidupan biasanya lebih mudah dikenal dari pada didefenisikan. Kita mudah tahu bahwa anjing itu hidup, kucing itu hidup dan cecak juga hidup, tetapi bagaimanakah dengan batu? Batu adalah benda mati. Lalu sifat-sifat apakah pada anjing yang membedakannya dengan batu?
Pada tahun 1976 tanggal 20 Juli dan pada tanggal 3 September terjadi pendaratan dari dua pesawat yaitu Viking 1 dan Viking 2 dengan mulus dipermukaan planet Mars. Dalam setiap pesawat dipasang sejumlah alat percobaan yang dirancang untuk dapat mengetahui keadaan di planet tersebut. Lima dari percobaan itu dirancang untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan;” Adakah kehidupan di planet Mars?”

Percobaan yang paling mendekati  masalah ini secara langsung ialah kamera televisi. Jika mata kamera itu bertemu dengan mata seorang makhluk Mars melihat keadaanya, maka terjawab  pertanyaan itu. Akan tetapi hal itu tidak terjadi. Kamera itu juga tidak menangkap tanda-tanda apapun mengenai kegiatan makhluk hidup. Hanya batu-batu yang ada di sana. Jadi kesimpulannya tidak ada tanda-tanda kehidupan di planet Mars.




Oleh:
Syamsurizal
BIOLOGI UMUM
FMIPA UNP 2008


Pustaka
  • Suhana, 1989. Teknik Mikroskopi. Jakarta: UI
  • Kimball,  John W. 1990. Biologi. Jilid 1. (Terjemahan Siti Soetarmi) hal. 59-108.  Jakarta:  Erlangga.
  • Issoegianti. 1993. Biologi Sel. Jakarta: Depdikbud. 

0 Response to "Ciri-ciri Makhluk Hidup"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr